Determinan Volume Penjualan Berdasarkan Persediaan Bahan Baku dan Inovasi Produk Perajin Marmer Pada CV. Sumber Motif Desa Gamping, Campur Darat


Author (Penulis)

RIFA'ATUL MU'ASIROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0078

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa ada masalah persediaan bahan baku dan inoVasi produk yang mempengaruhi Volume penjualan perusahaan yang terjadi karena adanya persaingan industri marmer yang sangat ketat yang menjual produk yang sama antar perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa determinan dari masing-masing Variabel yaitu Volume penjualan berdasarkan persediaan bahan baku dan inoVasi produk perajin marmer pada CV Sumber Motif Desa Gamping,Campur Darat baik secara parsial maupun simultan.

Variabel penelitian yang dipakai yaitu variabel bebas (independent) yang terdiri dari persediaan bahan baku dan inovasi produk dan variabel terikatnya (dependent) yaitu volume penjualan. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian antara lain penelitian lapangan, penelitian kepustakaan dan wawancara (interview). Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner). Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik perusahaan dan seluruh jumlah karyawan CV Sumber Motif Desa Gamping, Campur Darat sebanyak 30 orang.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada determinan volume penjualan berdasarkan persediaan bahan baku perajin marmer pada CV Sumber Motif Desa Gamping, Campur Darat. (2) ada determinan volume penjualan berdasarkan inovasi produk perajin marmer pada CV Sumber Motif Desa Gamping, Campur Darat. (3) ada determinan volume penjualan berdasarkan persediaan bahan baku dan inovasi produk perajin marmer pada CV Sumber Motif Desa Gamping, Campur Darat.

 

KATA KUNCI  : Volume Penjualan, Persediaan Bahan Baku dan Inovasi Produk

 

 


Keyword

a

Reference

Azizah Ilma J. 2017. Perkembangan Industri Marmer Desa Besole Kabupaten Tulungagung tahun 1990-1998, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah (Online), 5 (3): 501-514, tersedia: jurnalmahasiswa.unesa.co.id/index.php/avatara/article/download/19483/17540, diunduh 26 Desember 2017.

Nurhayati Y. Komara A. 2013. Pengaruh Pasokan Bahan Baku terhadap Proses Produksi dan Tingkat Penjualan pada Industri Rotan Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic, (Online), 1/Januari 2013:  26-34, tersedia: www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/edunomic/article/view/14, diunduh 28 Desember 2017.

Sumachdar E. 2011. Pengaruh Pemasok Bahan Baku dan Kekuatan Pelanggan Bisnis terhadap Strategi Produk Pasar dan Bauran Pemasaran serta Dampaknya pada Volume Penjualan. Strategic, (Online) 10 (19):32-86, tersedia: Journal.bakrie.ac.id, diunduh 6 Juni 2018.

Wardani RK. 2017. Pengaruh Inovasi Produk terhadap Volume Penjualan pada UD Abadi Mulya Jaya Kediri. Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri. (Online), 6 (2) Oktober 2017: 38-49, tersedia: Scholar.google.co.id, diunduh 25 April 2018.

Putra madyana., KM,Cipta W., Yudiaatmaja F. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Volume Penjualan pada UD Wayan Fiber Glass Singaraja tahun 2014. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia. e-journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen. (Online) , 4 tahun 2016, tersedia: download.portalgaruda.org/article, diunduh 6 Juni 2018

Winarni 2013. Skripsi Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada Perusahaan Batik Lurik dan Kain Sandang di Jalan Combongan, Pedan, Klaten. Program Studi Akuntansi Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), tersedia: eprints.uny.ac.id, diunduh 7 Mei 2018.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Multiariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

 

Redaksi BisnisUKM. 25 November 2011. Strategi Penjualan untuk Menarik Minat Pelanggan. (Online), tersedia: http://bisnisukm.com/strategi-penjualan-untuk-menarik-minat-pelanggan.html, diunduh 3 Mei 2018.

Redaksi BisnisUKM. 11 November 2011. Strategi inovasi untuk mengatasi persaingan usaha. (Online), tersedia: http://bisnisukm.com/strategi-inovasi-untuk-mengatasi-persaingan-usaha.html. diunduh 3 Mei 2018



 

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI