Atmosfer place, caracteristic product, dan quality service terhadap keputusan pembelian pada matahari department store kediri


Author (Penulis)

YULIA KURNIA MARTHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0068

Abstract

ABSTRAK


Perkembanganibisnis ritel saat ini semakin lemah. Hal inisdapat membuat persaingan
bisnis semakin ketat, karena pemilik usaha ritel dituntut untuk dapat mempertahankan
bisnisnya. Salah satunya adalahiMatahari Department Store di Kota Kediri. Matahari
Department Storemempunyai beberapa permasalahan yang muncul pada Matahari
Department Store seperti atmosfer tempat, characteristics produk dan kualitas pelayanan.
Penelitian inisbertujuan untuk: (1) mengetahuisdan menganalisis pengaruh atmosfer tempat
terhadap keputusan pembelian konsumen pada Matahari Department Store, (2) mengetahui
dan menganalisis pengaruh characteristics produk terhadap keputusan pembelian
konsumen pada Matahari Department Store, (3) mengetahuisdan menganalisis pengaruh
kualitas pelayananterhadap keputusan pembelian konsumen pada Matahari Department
Store, (4) mengetahuisdan menganalisis pengaruh atmosfer tempat, characteristics produk
dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen
padasMatahari Department Store.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan datasdengan melalui observasi
langsung serta penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen
Matahari Department Store dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.Sampel dipilih
menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik sampel yaitu sampling
purposive. Metode analisis datasyang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas,
uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien
determinansi, serta pengujian hipotesis (uji t dan uji F).
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkanibahwa secara simultan variabel
independen yaitu Atmosfer Place, Characteristics Product dan Quality Service
berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t menunjukkanibahwa: (1) Atmosfer Place berpengaruh positif
dan signifikan terhadapikeputusan pembelian konsumen, (2) Characteristics Product
berpengaruhipositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, (3) Quality
Service berpengaruh positif danisignifikan terhadap keputusanipembelian konsumen.

Kata Kunci : Atmosfer Place, Characteristics Product, Quality Service, Keputusan
pembelian
 


Keyword

a

Reference

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Assauri, Sofyan. 2010. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.    Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Barry Berman, Joel R.Evans, (2009). Retail Management eight edition, Penerbit Intermedia (terjemahan), Jakarta.

 

Basu, Swasta. 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

 

Bob Foster. 2008. Manajemen Ritel. Alfabeta, Bandung

 

Boone L. E. dan Kurtz D. L. 2009. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Erlangga. Jakarta.

 

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group

 

Durianto dan Liana. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan      Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Karmela, L. dan Junaedi, J. 2009. Pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Kosumen pada Toserba Griya Kuningan. Equilibrium.

 

Kotler dan Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:       Prenhailindo.

 

Kotler, Philip dan Amstrong, G. .2005.  Dasar  dan Prinsip  Pemasaran. Jilid  2.          Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2011. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

 

Noor, Juliansyah 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Group

 

Priyatno, Duwi. 2013. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset

 

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2010. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

 

Sujarweni, Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.


PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI