Analisis Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Al Qomar di Kabupaten Nganjuk


Author (Penulis)

MOH. KHODAM BAKRODIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0067

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat persaingan usaha yang semakin hari semakin tinggi. Semakin banyaknya persaingan usaha mengharuskan setiap unit usaha dituntut untuk lebih unggul dibandingkan  pesaing lainnya agar mencapai keberhasilan usaha atau tidak mengalami kegagalan usaha. Sama halnya dengan industry jamu Al-Qomar, produsen harus mempertimbangkan faktor apa saja yang penting bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian jamu Al-Qomar. Indikasi keputusan pembelian konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kualitas produk, harga, dan citra merek.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk (2) pengaruh yang signifikan antara harga  terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk (3) pengaruh yang signifikan antara citra merek terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk (4) pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, harga, dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis melakukan kegiatan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk, harga, dan cira merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen jamu Al-Qomar di Kecamatan Kertosono sebanyak 40 responden. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji determinasi, dan uji hipotesis.

            Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk. (2) harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk. (3) citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk. (4) kualitas produk, harga, dan citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu Al-Qomar di Kabupaten Nganjuk.

 

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga,Citra Merek, dan Keputusan Pembelian


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abubakar, Rusydi (2005), pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada jamu di Banda Aceh. Jurnal (Online). Tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://download.portalgaruda.org/article.php%3Farticle%3D74790%26val%3D4721&ved=0ahUKEwjOkdSQz-_XAhUMo48KHZBQD-YQFggnMAE&usg=AOvVaw0kZiYJtTei9Qyzkw_0lSbl. Diunduh 20 November 2017

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Martopo, Aditya Sulis (2015) pengaruh kualitas produk, citra merek, dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian pada produk jamu tolak angin PT. Sido Muncul. Jurnal Skripsi (Online), tersedia : http://scholar.google.co.id/scholar?q=jurnal+pengaruh+kualitas+produk+harga+dan+citra+merek+terhadap+keputusan+pembelian+jamu&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&ved=0ahUKEwjOkdSQz-_XAhUMo48KHZBQD-YQgQMIGjAA. Diunduh 20 April 2018

Nitisusastro, Mulyadi. 2014. Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Bandung : Alfabeta

Simamora (2013), pengaruh harga, citra merek, potisioning, dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk jamu PT. Njonja meneer Depok-Semarang. Jurnal (Online). Tersedia : https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lib.unnes.ac.id/2336/1/4587.pdf&ved=0ahUKEwjOkdSQz-_XAhUMo48KHZBQD-YQFggwMAQ&usg=AOvVaw1hGnWv34ZWudvFYjS82uu1. Diunduh 20 April 2018

Swastha, Basu & Irawan. 2013. Manajemen pemasaran modern. Cetakan ketujuh. Yogyakarta : LYBERTY

Wahyono, Djoko (2011),  pengaruh kualitas produk dan bauran promosi “R” PT Air mancur terhadap keputusan pembelian konsumen di kota Surakarta. Jurnal (Online). Tersedia: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1587/1549&ved=0ahUKEwi1rLGftPLXAhUMuo8KHQrABrsQFggwMAU&usg=AOvVaw3QhyEH9X01IUyYu8QzTRpW. Di unduh 15 April 2018


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI