PENGARUH HARGA, LOKASI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SWALAYAN AMANAH TRENGGALEK


Author (Penulis)

AZIZ CHOIRUR RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0048

Abstract

     Swalayan amanah adalah toko minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat seperti peralatan dapur, perlatan mandi, perlengkapan rumah(etalase, almari dsb), hingga peralatan sekolah. swalayan amanah dikategorikan swalayan besar yang mempunyai enam karyawan. Namun berdasarkan pengamatan atau observasi swalayan amanah realitanya sepi dari pembeli dibandingkan dengan minimarket yang lainya, banyak produk yang mengalami kadaluarsa karena tidak laku dalam penjualan dsb.

     Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Berdasarkan perumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Amanah Trenggalek (2). Pengaruh Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Amanah Trenggalek (3). Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Amanah Trenggalek (4). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada Swalayan Amanah Trenggalek.

     Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan (April-Juli) menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas, Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan insidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli swalayan amanah trenggalek selama penelitian ini dilakukan. Sedangakan sampel dalam penelitian adalah 40 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan menggunakan analisis data secara deskriptif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis linier berganda.

     Kesimpulan hasil penelitian diperoleh secara parsial, variabel harga, lokasi dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, semua faktor  yaitu harga, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keyword

a

Reference

 Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.

            Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip and Amstrong, G. 2012. Principles of Marketing.

          New Jersey: Pearson Education Limited.

 

Kotler, Philip. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran.

         Jakarta: Erlangga.

 

Latan, Hengky. 2013. Analisis Multivariat Teknik dan Aplikasi.

         Bandung: Alfabeta.

 

Ghozali, Imam. 2013 Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21.

         Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

 

Jonathan, S. dan Martadiredja, T. 2008. Riset Bisnis.

         Yogyakarta: CV. Andi Offset.

 

Kotler, Philip; Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran.

        Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Lupiyoadi, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa.

        Jakarta:Salemba Empat.

 

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian.

        Bandung: CV. Alfabeta.

 

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran.

        Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.

 

Tohari, Amin. 2015. Bahan Ajar Praktikum SPSS21.

         Kediri.

 

Sugiyono.2016.Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

         Bandung.Alfabeta.

 

Tjiptono.2015. Strategi Pemasaran

         Edisi 4. Yogyakarta.Cv.Andi Offset.

 

Sunyoto Danang.2014.Dasar-dasar ManajemenPemasaran.

             Yogyakarta. CAPS(Center Academic Publishing Service).

 

Tjiptono.2012.Service Management Mewujudkan Layanan Prima.

            Yogyakarta. Cv Andi Offset.

 

Karya Media Informative. 2016. Pengertian Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan.

             Diambil dari http://dimasapurnama25.blogspot.co.id/2016/09/ekonomi.html?m=1 . (23 Oktober 2017)

 

 Ahmad Muanas  (2014). pengaruh produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil buana indomobil trada

             Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12

 

 Yuliana (2015) pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian

           Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 12, Desember 2015

 

 Nur Achidah1), M Mukery Warso 2) Leonardo Budi Hasiolan 3) (2016) pengaruh promosi, harga, dan desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor mio gt (study empiris pada produk yamaha mio gt di weleri-kendal)

           journal of management, volume 2 no.2 maret 2016

 

Dzikril (2016). Pengaruh lokasi, kualitas pelayanan dan produk terhadapkeputusan pembelian.

           Jurnal skripsi 1 agustus 2008


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI