ABSTRAK
Seiring dengan berkembangnya teknologi alat komunikasi, sekarang telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan handphone menjadi salah satu kebutuhan poko masyarakat. Maraknya pengguna handphone juga membuat berkembangnya peluang usaha berbagai macam bisnis hanphone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (2) diskon berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (3) keberagaman produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (4) kualitas pelayanan, diskon, dan keberagaman produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Cara analisis datang yang digunakan oleh peneliti adalah analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Simpulan hasil dari penelitian ini adalah secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada “DWIE SHOP” Nganjuk, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang artinya H0 ditolak H1 diterima. (2) diskon memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada “Dwie Shop” Nganjuk, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak H2 diterima. (3) keberagaman produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada “Dwie Shop” Nganjuk, dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 yang artinya H0 ditolak H3 diterima. (4) berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 49,107 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, diskon dan keberagaman produk secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Diskon, Keberagaman Produk dan keputusan pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, P. D. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta,cv.
Daud, D. (2013). Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal Manajemen : Volume 1, Nomor 4, Tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id diunduh 18 Desember 2017.
Dhewi, T. S. (2013). Pemasaran Strategik. Malang: Bayumedia Publishing. Menelusuri perkembangan ponsel di Indonesia. (n.d.). Retrieved 5 7, 2018, from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2010/04/01/18352875/Menelusuri.Perkembangan.Ponsel.di.Indonesia
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program Ibm SPSS 23. Jakarta: Dian Rakyat.
Satyo M.F. dan Suprihhadi, H. (2013). Pengaruh Diskon Harga, Merek Produk Dan Layanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Garmen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 2, Nomor 8, tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id diunduh 20 Desember 2017.
Irham Fahmi, S. M. (2016). Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta,cv.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Stretegi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Wakidah, A. (2015). Pengaruh Keberagaman Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret. Artikel Skripsi, diunduh 3 Januari 2018.