DETERMINAN KUALITAS PELAYANAN, KEBERAGAMAN PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BANGUNAN REJEKI ALAM PARE


Author (Penulis)

RIDWAN MALIKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0044

Abstract

ABSTRAK

 

 

Ridwan Maliki: Determinan Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk dan Saluran Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Rejeki Alam Pare, 14.1.02.02.0044.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian

 

Setiap ritel mempunyai target meningkatkan prestasi usahanya. Untuk mencapai target yang di inginkan perusahaan harus mampu memilih strategi pemasaran yang tepat, agar usaha dapat memenangkan dalam persaingan. Dengan memperhatikan kegiatan-kegiatan pemasaran diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Kegiatan pemasaran meliputi produk, harga, tempat, dan promosi. Keempat variabel tersebut merupakan kombinasi yang mempunyai peran sama dan merupakan satu kesatuan guna menunjang sukses toko ritel. Oleh karena itu kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk menginformasikan produk-produk ditawarkan tersebut agar dapat meningkatkan penjualan serta mengetahui penilaian konsumen terhadap barang yang ditawarkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko bangunan rejeki alam. 2. Keberagaman produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko bangunan rejeki alam. 3. Saluran distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko bangunan rejeki alam. 4. Kualitas pelayanan, keberagaman produk, saluran distribusi berpengaruh bersama-sama terhadap keputusan pembelian pada toko bangunan rejeki alam.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen daritoko bangunan rejeki alam. Dan mempunyai sampel sebanyak 40 responden dengan teknik sampel diambil berdasarkan non probability sampling, dengan menggunakan pendekatan insidental sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan pendekatan kausalitas.

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan 1. Kualitas pelayananberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bangunan rejeki alam di Kecamatan Pare.2. Keberagaman Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko bangunan rejeki alam di Kecamatan Pare. 3. Saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen toko bangunan rejeki alam di Kecamatan Pare. 4. Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk dan Saluran Distribusi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keyword

Kualitas Pelayanan, Keberagaman Produk, Saluran Distribusi, Keputusan Pembelian

Reference

Apriani, R. L. (2016). Pengaruh Pengembangan Produk, Harga, Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tenun Ikat Medali Emas Kediri. Jurnal: SIMKI UNP Kediri.

Dewi, M. S. (2015). Pengaruh Lokasi, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan Alif 2 Trenggalek. Jurnal: SIMKI UNP Kediri.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dhewi, T. S. (2013). Pemasaran Strategik. Malang: Bayumedia.

Kotler, P. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Weenas, J. R. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal: EMBA Vol.1 No.4 Hal.617-618.


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade