Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sale Pisang \"Tri Putra\" di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung


Author (Penulis)

RIA NOVI ANTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0043

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa di daerah Kecamatan Kalidawir khususnya di Desa Banyuurip merupakan daerah pegunungan yang merupakan penghasil sale pisang terbaik. Ada beberapa rumah yang memproduksi buah pisang tersebut. Dengan adanya pesaing dituntut untuk memberikan harga yang relatif rendah dengan produk yang berkualitas serta dengan promosi efektif,  sehingga akan mampu menarik perhatian konsumen untuk melakukan pengambilan keputusan pembelian.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung  (2) ) Pengaruh Harga terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. (3) ) Pengaruh Promosi tehadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung

Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan insidental Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen sale pisang “Tri Putra”. Sedangakan sampel dalam penelitian adalah 40 orang. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dengan menggunakan analisis data secara deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan analisis linier berganda.

Hasil penelitian diperoleh bahwa secara parsial (1) ) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. (2) ) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. (4) Sedangkan secara simultan, semua faktor yaitu kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sale pisang “Tri Putra” di Desa Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.


Keyword

a

Reference

Alma, Buchari. 2013.Manajemen Pemasaran danpemasaran Jasa. Bandung :Cv alfabeta Jl. Gegerkalong Hilir No. 84

 

Akrom Muchammad Chusnul. (2013) “Pengaruh Kemasan, Harga, dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo  Kendal”. Semarang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang. Jurnal (online) tersedia: http:// lib.unnes.ac.id/18168/1/7311409062. Di unduh 16 oktober 2017.

 

Anwar, Iful. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Volume 4, Nomor 12. Tersedia https : // ejournal. stiesia. ac. Id /jirm / article / download / 1061 / 1016, diunduh ‎08 ‎Nopember ‎2017.

 

Bairizki, Ahmad. (2017) “Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UD Ratna Cake & Cookies)”. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM Mataram. Jurnal (online) tersedia: http://stieamm.ac.id. Di unduh 04 April 2018.

 

Fathonah Anna Siti. (2013) “Pengaruh Kualitas Produk dan Kemasan terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Peusahaan Home Industri Goreng Sale Pisang Ambon Fajar Endah Kota Banjar)”. Manajemen Industri Kateng Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal (online) tersedia: . http://repository.upi.edu.ac.id. Diunduh 01 April 2018.

 

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Kotler, Phillip & Keller. 2012. Marketing Management 14th Edition. England: Pearson Education Limited.

 

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary, 2014, Prinsciple of Marketing,12th Edition, jilid 1 Terjemahan Bob Sabran jakarta : Erlangga.

 

Tambunan, krystia dan widiyanto. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Presto”. Diponegoro journal Of Manajemen. Vol : 1(2), 58-66.

 

Tjiptono, F. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V  Andi Offset.

 

88

Kardinal dkk, (2016) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pempek Mangcek Cabang Celentang)Jurusan Akuntansi STIE Multi Data Palembang. Jurnal (online) tersedia:http://eprints.mpd.ac.id. Di unduh 04 April 2018.

 

 

Mariana. (2015) “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Industri Ukm Amplang Ud. Sinar Rejeki di Samarinda”. Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Mulawarma. Jurnal (online) tersedia: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id. diunduh 8 oktober 2017.

 

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. 2017. Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Jakarta : Salemba Empat.

 

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Santoso, dkk. (2013) “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang”.Fakultas Sosial dan Politik. Universitas Diponegoro. Junal (online) tersedia : http//ejournal-s1.undip.ac.id.diunduh 23 Maret 2018.

 

Saputri Linda Irginia. (2013) “Analisis Pengaruh Produk, Promosi, dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kacang Garuda di Pati”. Progam Study Manajemen – S1, Fakultas Ekonomi & Bisnis,Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal (online) tersedia:http://.dinus.ac.id. Di unduh 01 April 2018.

 

Setiawati Bekti. (2006) “ Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Rambak “ Dwijoyo” di Desa Penanggulan Kec. Pegandon Kab. Kedal. Semarang, Ekonomi Manajemen Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Jurnal (online) tersedia:http://lib.unnes.ac.id. Di unduh 28 Maret 2018.

 

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Cv Andi Offset.

 

Sujarweni, Wiratna. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen kualitas produk & jasa. Yogyakarta :Ekorisia.


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI