Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu belum optimalnya kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada rumah makan “Mie Ayam &Bakso” Jl. Hos Cokroaminoto Burengan – Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh yang signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada rumah makan “Mie Ayam & Bakso 45” Jl. Hos Cokroaminoto Burengan – Kediri. (2) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada rumah makan “Mie Ayam & Bakso 45” Jl. Hos Cokroaminoto Burengan – Kediri. (3) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada rumah makan “Mie Ayam & Bakso 45” Jl. Hos Cokroaminoto Burengan – Kediri. (4) Pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, harga dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada rumah makan “Mie Ayam & Bakso 45” Jl. Hos Cokroaminoto Burengan – Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang berada pada rumah makan ‘’Mie Ayam & Bakso 45’’ sebanyak 40 responden dan di analisis menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini (1) Kualitas produk secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Harga secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Lokasi secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Kualitas Produk, Harga dan Lokasi secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : kualitas produk, harga, lokasi dan keputusan pembelian
Aminudin, Lucky. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Store Atmosfir Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada KFC Mega Mas Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Volume 15 No. 05. Tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/download/10428/10012. Diunduh tanggal 16 April 2018.
Aria, Sejati dan Yahya. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. Volume 5, Nomor 3. Tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/viewFile/1503/1460. Diunduh tanggal 16 April 2018.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hermika, Rani. 2015, Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Waroeng Steak & Shake Cabang Jalan Angkatan 66 Palembang. Tersedia: http://eprints.radenfatah.ac.id/254/1/RANI%20HERMIKA_Febi.pdf. Di unduh tanggal 16 April 2018.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
2011. 10th Edition. “Marketing an Introduction” Indonesia: Pearson.
2012. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Jilid I. Penerbit PT. Indeks Kel. Gramedia Jakarta.
2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
2014. Principle Of Marketing. 15th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Keller. 2016. Marketing Manajemen. 15th Edition. Pearson Education Inc.
Kurniasari, Nova Dhita. 2013, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang). Tersedia: http://eprints.undip.ac.id/39200/1/KURNIASARI.pdf. Diunduh tanggal 16 April 2018.
Kurniawan, Ferdy Zoel. 2013. Pengaruh Harga, produk, Lokasi dan Pelayanan Tehadap Keputusan Pembelian pada Soto Angkring “Mas Boed” Spesial Ayam Kampung Semarang. Tersedia: http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/13577.pdf. Diunduh tanggal 16 April 2018.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ketiga. Salemba Empat. Jakarta.
Priansa. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta : Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.
Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media
Sudaryono. 2016. Manajemen pemasaran Teori dan Implementasi – Ed. I . – Yogyakarta: ANDI
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Empat. Penerbit CV. Andi Offset. Yogyakarta.
. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Andi : CV. Andi Offset Jl. Beo 38-40 Yogyakarta.
Wahyu, Djoko dan Lisyorini, Sari. 2013. Pengaruh Keberagaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada McDonald’s Java Mall Semarang. Jurnal Tersedia: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/2483/2491. Diunduh tanggal 16 April 2018.
Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Penerbit Ekonisia. Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Yuliana, Imelda dan Suprihhadi Heru. 2016, Pengaruh kualitas Layanan, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donuts Basuki Rahmat Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Pemasaran. Volume 5, Nomor 6. Tersedia: http://repository.stiesia.ac.id/1238/3/BAB%201.pdf. Di unduh tanggal 16 April 2018.
Yunda, Citra Putri Faiziah. 2014, Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Waroeng Cowek Ireng Cabang Tusam Semarang). Tersedia: http://eprints.undip.ac.id/42793/1/YUNDA.pdf. Di unduh tanggal 16 April 2018.