Analisis harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada foodcourt agrowisata istana jambu grogol kediri


Author (Penulis)

MERRYTA CRISTINAWATI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0040

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya pertimbangan dalam penetapan harga, penataan lokasi dan kualitas pelayanan agar semakin dapat memuaskan konsumen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : (1) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (2) Pengaruh yang signifikan antara lokasi terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (3) Pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (4) Pengaruh antara harga, lokasi, dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol, dengan sampel sebanyak 40 konsumen, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling. Penelitian menggunakan instrument berupa kuesioner dan diuji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan Software SPSS versi 20.
Hasil dari penelitian ini, yaitu : (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol (4) Harga, lokasi, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan pihak Foodcourt Agrowisata Istana Jambu lebih memperhatikan penetapan harga, penentuan lokasi, dan kualitas pelayanan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.


Keyword

a

Reference

Danang, Sunyoto. 2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta. CAPS(Center Academic Publishing Service).

Daryanto, Setyabudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta. PENERBIT GAVA MEDIA

Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang.

Lupiyoadi. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa edisi 2. Jakarta. Salemba Empat

Muhammad, Adam. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta. Cv Andi Offset.

Etalase Pustaka. Pengertian & Indikator Kepuasan Pelanggan Menurut Para Ahli. Diambil dari http://etalasepustaka.blogspot.com/2016/08/pengertian-indikator-kepuasaan-pelanggan-menurut-para-ahli.html (23 Oktober 2017)

Karya Media Informative. 2016. Pengertian Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. Diambil dari
http://dimasapurnama25.blogspot.co.id/2016/09/ekonomi.html?m=1 (14 April 2018)

Ahror, Ubaidillah Al. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Café Milkmoo. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volune 6, Nomor 3, Maret 2017.

Dianto, Indra Wahyu. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Waroeng Steak & Shake Jl. Cendrawasih no. 30 Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Firmansyah, Adhyatma. 2016. Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Soto Seger Mbok Giyem Cabang Sukoharjo). Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Hardiyati, Ratih. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun Teh Pagilaran. Semarang: Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang

Haromain, Imam. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Z618. STIESIA Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 5, No. 5

Liu, Vivianli. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Suasana Café terhadap Kepuasan Konsumen (Study kasus di Goeboex Coffee Yogyakarta). Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Loindong, Sjendry Serulo R. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung-warung Makan Lamongan di Kota Manado. Manado: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014

Permatasary, Dyah Ayu. 2014. Pengaruh Harga, Produk, Kualitas Layanan dan Tempat Terhadap Kepuasan Pelanggan di Rumah Makan Pecel Madiun Laris Manis Jebres Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rahman, Fatchur. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan AUTO 2000 Sungkono Surabaya. STIESIA Surabaya: Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3, No. 11

Santoso, Budi. 2016. Kajian Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung. Jember. Volume 20/No.01/April 2016

Sihotang, Sonang. 2016. Pengaruh Lokasi, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Wisata Bahari Lamongan. Surabaya: Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 5, No.12

Widiastanto, Adkha. 2011. Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Makanan, Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Warung Makan Mas Pur. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI