ANALISIS PROMOSI, KESADARAN MEREK, DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR MATIC MEREK HONDA VARIO (Studi kasus pada konsumen sepeda motor matic merek Honda Vario di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri)


Author (Penulis)

YUNI ASIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0037

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa diera globalisasi yang semakin canggih ini konsumen menginginkan sebuah teknologi otomatisasi yang dapat mempermudah konsumen saat memakainya. Konsumen di Kecamatan Gurah yang kebanyakan dari mereka percaya dengan produk-produk keluaran Honda akan tetapi Perusahaan Honda banyak menghadapi persaing yang bergerak dalam bidang otomotif yang sama seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS. Hal ini membuat Perusahaan Honda selalu berusaha melakukan inovasi. Oleh karena itu cara yang ditempuh oleh perusahaan Honda agar konsumen melakukan keputusan pembelian yaitu dengan melakukan promosi, kesadaran merek dan persepsi konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi, kesadaran merek, dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic merek Honda Vario di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan sepeda motor matic merek Honda Vario di Kecamatan Gurah sebanyak 40 responden dengan teknik pengambilan Insidental Sampling dan di analisis  menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu promosi, kesadaran merek dan persepsi konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor matic Honda Vario di Kecamatan Gurah tahun 2018.

Kata Kunci : promosi, kesadaran merek, persepsi konsumen, keputusan pembelian


Keyword

a

Reference

Afrizal, Makmur, Yurita.  2017. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen  terhadap  Keputusan Pembelian Sepeda  Motor  Honda   Matic  di  Dealer  Prima  Motor  Pasir Peng- araian. Tersedia : https://www .neliti.com/id/publications/110376/analisis–pengaruh –per sepsi-konsumen-terhadap kepu tusan–pembelian–sepeda–motor–honda .pdf, diunduh 10 Oktober 2017.

Agustin, Saridewi, Kusasi. 2014. Pengaruh Atribut Produk, Promosi, Harga, Dan Customer Trust Terhadap Brand Switching Konsumen Produk Kartu Perdana Axis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji). Tersedia : https: // repos itory.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/3680/Bab%202.pdf?sequence=7.pdf, di unduh 1 Desember 2017.

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta : Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Data distribusi penjualan sepedah motor matic bulan januari – desember 2017 tersedia di : http://triatmono.info/data-penjualan-tahun-2015-2017, diunduh 13 Maret 2018

Data kepedudukan di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Tersedia : https//kedirikab/go.id, diunduh 13 Maret 2018

Ebert, Griffin. 2014. Pengantar Bisnis edisi ke sepuluh. Erlangga : PT Gelora Aksara Pratama.

Farizki, Bagus Dimas. 2011. Analisis Pengaruh Program Promosi, Persepsi Merek, Motivasi Konsumen, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Di Kota Semarang. Tersedia : http: //eprints.undip.ac.id/28734/1/Skripsi03.pdf, diunduh 17 Oktober 2017.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Septi Chairani. 2012. Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha di Jl. Pahlawan Kota Semarang). Tersedia : http:/ /eprints. Undip .ac.id/37338/1 /HASIBUAN.pdf, diunduh 17 Oktober 2017.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasar-an. Edisi13. Jilid 1. Jakarta Erlangga.

Priansa (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta : Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Rofiana, Siti. 2017. Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek, Citra Merek Dan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi pada Konsumen Amdk Ades Di Klaten). Tersedia : http:// eprin ts.iainsurakarta.ac.id/908/1/SKRIPSI.pdf, diunduh 16 April 2018.

Sari, Prawita Shinta. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Sedaap (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Program Studi Manajemen. Volume 01, Nomor 01. Tersedia : http:// digilib.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/73ba9fba6a43e8a59b4a8119a322e35a.pdf, diunduh 16 November 2017.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung.

Soebianto, Albert. 2014.  Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandung. Volume 1, Nomor 1. Tersedia : http:// journal.unpar.ac.id/index.php/unpargraduate/article/view/547/531.pdf, diunduh 16 Oktober 2017.

Struktur Organisasi PT Astra Honda Motor. Tersedia di : http://hadiapriadi.Blogspot.co.id/ 2014 /02 /strukturorganisasi-pt-astra-honda-motor.html?m=1, diunduh 13 Maret 2018.

Tjiptono. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Andi : CV. Andi Offset Jl. Beo 38-40 Yogyakarta.

Wijaya, Hanandra. 2016. Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Cat Merek Avian Pada PT Tirta Kencana Tatawarna Di Pontianak. Volume 1, Nomor 4. Tersedia : http://digilib.polban .ac.id/files/disk1/87/jbptppolban-gdl-halimatuss-4350-2-bab2--3.pdf, diunduh 11 Maret 2018.

 


PUBLISHED

2018-08-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI