ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa organisasi yang bergerak dibidang bisnis pada saat ini sangatlah banyak sekali salah satunya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Para pesaing mulai berlomba-lomba untuk mengeluarkan varian makanan dengan keunikan dan kelebihan masing-masing untuk memikat para konsumennya. Pengambilan keputusan seorang konsumen bisa disebabkan karena adanya pengetahuan produk, minat beli serta harga yang ditetapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui (1) pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian. (2) pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. (3) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. (4) Pengaruh pengetahuan produk, minat beli dan harga terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan pedekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 40 responden dan di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengetahuan Produk secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Minat Beli secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (3) Harga secara parsial terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (4) Pengetahuan Produk, Minat Beli dan Harga secara simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : pengetahuan produk, minat beli, harga dan keputusan pembelian
Anwar, Iful. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Volume 4, Nomor 12. Tersedia https : // ejournal. stiesia. ac. Id / jirm / article / download / 1061 / 1016, diunduh 08 Nopember 2017, 21:26:39.
Hanjaya, Sanny. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Pengetahuan Produk dan Keragaman Menu Terhadap Keputusan Pembelian Produk Capra Latte. Volume 1, Nomor 2. Tersedia https : // journal. uc. ac. Id / index. Php / performa / article / download / 140 / 131, diunduh 29 Maret 2018, 13:36:59.
Imam, Ghozali. 2016. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.
Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. 2017. Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Jakarta : Salemba Empat.
Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisinis Kontemporer. Bandung : Cv Alfabeta Jl. Gegerkalong Hilir No. 84.
Septifani, Riska, dkk. 2014. Pengaruh Green Marketing, Pengetahuan dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. Volume 13, Nomor 2. Tersedia : https://www.google.co.id/search?q=minat+beli+terhadap+keputusan+pembelian&oq=minat+beli+terhada&aqs=chrome.1.69i57j0l2.14914j0j1&sourceid=chrome&ie=UTF-8# , diunduh 22 Oktober 2017, 4:38:12.
Sofiyah, Fivi Rahmatus. 2013. Pengaruh Harga dan Waktu Terhadap Keputusan Pembelian Jajanan Kaki Lima Daerah Medan Johor Medan. Volume 5, Nomor 1. Tersedia : http : // download. Portal garuda. Org / article. Php ? article = 90203 & val = 4585, diunduh 18 April 2018, 4:13:15
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Cv Alfabeta Jl. Gegerkalong Hilir No. 84.
Sugiyono. 2017. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Cv Alfabeta Jl. Gegerkalong Hilir No. 84.
Teiseran, Emanuel. 2008. Menjadi Penjual Sukses dengan Selling Skills. Jakarta : Pt Gramedia. (Online), tersedia : Http ://books. google. co. id, diunduh 30 Oktober 2017, 22:07:26.
Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakrta : Cv Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Cv Andi Offset.
Yulasmi. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan. Volume 22, Nomor 1. Tersedia : http : //lppm. upiyptk. ac. Id / majalah ilmiah / index. Php / majalah ilmiah / article / download / 62 / 46, diuduh 29 Maret 2018, 13:04:15.