PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KARTU DATA INDOSAT IM3 OOREDOO DI KECAMATAN KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

TIKA WAHYU WIDIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0034

Abstract

 

ABSTRAK

         Penelitian ini dilatar belakangi guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen melalui variabel atribut produk, harga, dan promosi yang ada pada sebuah produk, sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan yang dilakukan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh : (1) Atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (2) Harga terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (3) Promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (4) Atribut produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung.

        Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 40 responden, dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara promosi  terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (4)  Ada pengaruh yang signifikan antara atribut produk, harga, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung.

 

Kata Kunci  : Atribut Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

 


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Bandung

Evelina, N., Handoyo, DW., Listyorini, S., 2012. Pengaruh citra merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen Telkomflexi di Kecamatan Kota kudus Kabupaten Kudus. (Online). tersedia:http://www.neliti.com/publications/98422/pengaruh-citra-merek-kualitas-produk-harga-dan-promosi-terhadap-keputusan-pembelian. Diunduh 14 April 2018

Gitosudarmo, I. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta :BPFE-YOGYAKARTA.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga

Mongi, L., Mananeke, L., Repi, A. 2013. Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. (Online), tersedia: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/3490. Diunduh : 17 April 2018

Paramartha, D. A., Yulianto, E., Sunarti. 2016. Pengaruh Atribut Produk  Terhadap Preferensi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati (Survei Pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri Yang Membeli Kartu Seluler Simpati). (Online), tersedia: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1476. Diunduh : 12 April 2018

Tjiptono, F., Chandra, G., Andriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tjiptono, F., Chandra, G., Andriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

 


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI