ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi guna meningkatkan keputusan pembelian konsumen melalui variabel atribut produk, harga, dan promosi yang ada pada sebuah produk, sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan yang dilakukan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh : (1) Atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (2) Harga terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (3) Promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (4) Atribut produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 40 responden, dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara atribut produk, harga, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen kartu data Indosat Im3 Ooredoo di Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung.
Kata Kunci : Atribut Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian
Daftar Pustaka
Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Bandung
Evelina, N., Handoyo, DW., Listyorini, S., 2012. Pengaruh citra merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen Telkomflexi di Kecamatan Kota kudus Kabupaten Kudus. (Online). tersedia:http://www.neliti.com/publications/98422/pengaruh-citra-merek-kualitas-produk-harga-dan-promosi-terhadap-keputusan-pembelian. Diunduh 14 April 2018
Gitosudarmo, I. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta :BPFE-YOGYAKARTA.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga
Mongi, L., Mananeke, L., Repi, A. 2013. Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Di Kota Manado. (Online), tersedia: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/3490. Diunduh : 17 April 2018
Paramartha, D. A., Yulianto, E., Sunarti. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati (Survei Pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri Yang Membeli Kartu Seluler Simpati). (Online), tersedia: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1476. Diunduh : 12 April 2018
Tjiptono, F., Chandra, G., Andriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Tjiptono, F., Chandra, G., Andriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.