Analisis Faktor Service Quality, Promotion dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Planet Coffee Tahun 2018


Author (Penulis)

LAILATUL MUFARICHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0033

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya produsen cafe yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengusaha cafe harus berupaya untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan permintaan pasar sasaran memikirkan cara untuk memenangkan pasar. Keputusan Pembelian konsumen dapat disebabkan karena adanya service quality, promotion, dan store atmosphere.

Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mengetahui pengaruh signifikan secara parsial service quality terhadap keputusan pembelian pada Planet Coffee tahun 2018 (2) Mengetahui pengaruh signifikan secara parsial promotion terhadap keputusan pembelian pada Planet Coffee tahun 2018 (3) Mengetahui Pengaruh signifikan secara parsial store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Planet Coffee tahun 2018 (4) Pengaruh signifikan secara parsial service quality, promotion dan store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Planet Coffee tahun 2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 40 responden dan di analisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.

Hasil Pengujian dengan SPSS diperoleh untuk variabel service quality dengan nilai signifikasi sebesar 0,040; variabel promotion dengan nilai signifikasi 0,007; dan variabel store atmosphere dengan nilai signifikasi 0,036. Sedangkan hasil penelitian menggunakan Uji F diperoleh signifikasi sebesar 0,000.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Service Quality secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Planet Coffee Tahun 2018 (2) Promotion secara parsial berpengaruh  signifikan terhadap  Keputusan Pembelian di Planet Coffee Tahun 2018 (3) Store Atmosphere secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Planet Coffee Tahun 2018 (4) Service Quality, Promotion, dan Store Atmosphere secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Planet Coffee Tahun 2018.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Berman dan Evans. 2010. Retail Management. 12th Edition. Jakarta: Pearson.

 

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

__________ 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

__________ 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

 

Indriyo, Gitosudarmo. 2012. Manajemen Pemasaran. edisi kedua, cetakan kedua. Yogyakarta: BPFE.

 

Jerry C. Olson dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Jakarta:Penerbit Salemba Empat.

 

J.Paul Peter, James H. Donnelly, Jr. 2011. A Preface To Marketing Management. Twelfth Edition. New York: Mc Graw Hill.

 

Kotler, Philip & Garry, Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

__________ 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

 

__________ 2010. Manajemen Pemasaran. Jilit 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Erlangga

 

__________ 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

 

__________ 2013.  Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 13. Erlangga.

 

Levy, Michael & Weitz, Barton A. 2012. Retailing Management (8th ed.) New York, America: McGraw-Hill/Irwin.

 

Machfoedz. Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Cetakan Pertama. Cakra Ilmu: Yogyakarta.

 

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Saleh , A Muwafik. 2010. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

 

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

 

Schiffman, L, G. dan, L. L. Kanuk. 2009. Persepsi kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

 

Setyobudi Ismanto, Daryanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

 

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

__________ 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

__________ 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

 

__________ 2012.Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

 

__________ 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

 

__________ (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

 

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

 

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

 

Swasta, Dharmesta Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

 

Swastha, Dharmmesta Basu & Hani Handoko. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsuemen. Yogyakarta: BPFE.

 

Tjiptono. Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

 

__________ 2011.  Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

 

Utami, 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi pemasaran, Bandung: Remaja Posdakarya.

 

Dessyana, Cindy Juwita. 2013. Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart Ii Manado. Volume 1. Nomor 3. Tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1893/1502. Diunduh: 13 April 2018 

 

Fardiani, Aprillia Nia. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Café Pandanaran Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Tersedia :   Http://Eprints.Undip.Ac.Id/38724/1/Fardiani.Pdf. Diunduh: 13 April 2018

 

Fristiana, Dessy. 2011. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Diunduh: 14 April 2018 

 

Ghanimata, Fifyanita. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang. Tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/46/37. Diunduh: 13 April 2018 

 

Hariadi, Doni dan Soebari, Martoatmodjo. 2012. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision. Volume 1. Nomor 8. Tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/46/37. Diunduh: 13 April 2018  

 

Mudiantono dkk. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Penjualan Coffee Shop Melalui Analisis Variabel Store Atmosphere, Citra Merek, Preferensi Merek Coffee Shop Di Media Sosial Dan Promosi (Temuan Pada J.Co Paragon Mall, Semarang). Volume 2, nomor 3. Tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/46/37. Diunduh: 14 April 2018

 

Nofiawaty, dan Beli Yuliandi. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Outlet Nyenyes Palembang. Volume 12. Nomor 1. Tersedia : http://www.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs/article/download/3141/1672. Diunduh: 14 April 2018 

 

Putri, Lily Harlina dkk. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Monopoli Cafe And Resto Soekarno Hatta Malang). Volume 15. Tersedia: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/640/839. Diunduh: 14 April 2018 

 

Rokim, Muh. Abdul dkk. 2013. Pengaruh Harga, Bauran Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasaraya Sri Ratu Semarang. Tersedia: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/4379/4226. Diunduh: 13 April 2018 

 

Romadhon, Arif Putro. 2016. Pengaruh Store Atmosphere, Harga, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Cafe Kolong Jember). Skripsi. Jember : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Tersedia: http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/80063/Arif%20Putro%20Romadhon.pdf?sequence=1. Diunduh: 13 April 2018 

 

Sejati, Bayu Sutrisna Aria dan Yahya. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Tersedia: https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/1503/1460. Diunduh: 13 April 2018 

 

Sengkey, Cindy Silvianty dan Rudy Steven Wenas. 2015. Analisis citra merek, atmosfer toko, dan psikologis terhadap keputusan pembelian pada time out sport café it center manado. Volume 3. Nomor 1. Tersedia : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/7930/7491. Diunduh: 14 April 2018 

 

Sugiarto, Budi Utomo & Dr. Hartono Subagio, S.E., M.M.. 2014. Analisa Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Di Dream Of Khayangan Art Resto Surabaya. Volume 2, Nomor 1. Tersedia: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/2318/2104. Diunduh: 13 April 2018 

 

Valentine, Karen. 2014. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dakken Coffee & Steak Bandung. Tersedia: http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3997/3776. Diunduh: 14 April 2018 

 

Widowati, Maduretno dan Agus, Budi, Purwanto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Visual Merchandising Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Minimarket Alfamart Di Kota Semarang). Volume 9. Nomor 1. Tersedia : http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/download/104/100. Diunduh: 13 April 2018 

 

Wulandari, Dewi, Sinta. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembe;Ian Produk Di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung. Skripsi. Kediri : Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI.

 

Zulkarnaim, Tommy dan Triyonowati. 2015. Pengaruh Produk, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Surabaya. Volume 4. Nomor 7. Tersedia : https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/view/906/856. Diunduh: 13 April 2018


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI