Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Satiti Prima Husada


Author (Penulis)

VIVIN OKTAVIANNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0032

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa kualitas pelayanan di Rumah Sakit Satiti Prima Husada kurang memuaskan menurut pasien yang berobat maupun pernah berobat. Akibatnya sebagian pasien tidak kembali berobat di Rumah Sakit Satiti Prima Husada saat mengalami masalah kesehatan lagi.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh berwujud secara parsial terhadap kepuasan pasien . (2) Untuk mengetahui pengaruh reliabilitas secara parsial terhadap kepuasan pasien. (3) Untuk mengetahui pengaruh ketanggapan secara parsial terhadap kepuasan pasien. (4) Untuk mengetahui pengaruh jaminan dan kepastian secara parsial terhadap kepuasan pasien. (5) Untuk mengetahui pengaruh empati secara parsial terhadap kepuasan pasien. (6) Untuk mengetahui pengaruh berwujud, reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian serta empati secara simultan terhadap kepuasan pasien.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian kausalitas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang berobat dan pernah berobat di Rumah Sakit Satiti Prima Husada. Metode pengambilan sampling yaitu purposive sampling.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial berwujud berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. (2) Secara parsial reliabilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. (3) Secara parsial ketanggapan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. (4) Secara parsial jaminan dan kepastian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. (5) Secara parsial empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. (6) Secara simultan berwujud, reliabilitas, ketanggapan, jaminan dan kepastian serta empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.


Keyword

a

Reference

Adnan. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner dan Strategis, (Online), 2013/1 (12): 1-12, tersedia: http://scholar.google.com/citations?user=2n8vOIYAAAAJ&hl=id diunduh 3 April 2018 pukul 17:24.

 

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa .Bandung: Alfabeta.

 

Arifah, U. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Balai Besar Kesehatan Paru mayarakat (BBKPM) Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, (Online), tersedia: http://eprints.ums.ac.id/22454/14/10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf diunduh 19 April 2018 pukul 13:52.

 

Caesaria, H.S. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas (Studi Kasus pada Puskesmas Simpur Kota Bandar Lampung). Skripsi. Lampung: Universitas Lampung, (Online), tersedia: http://digilib.unila.ac.id/19895/1/SKRIPSI.pdf diunduh 7 April pukul 14:00.

 

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

 

Hafied, H. 2011. Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Askes PNS Rawat Inap Rumah Sakit, (Online), tersedia. https://www.umi.ac.id/pengaruh-dimensi-kualitas-layanan-kesehatan-terhadap-kepuasan-pasien-askes-pns-rawat-inap-rumah-sakit-anutapura-palu-html diunduh 3 April 2018 pukul 17:24

 

Halomoan, S. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan jasa Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung. Skripsi. Bandung: Universitas Widyatama, (Online), tersedia: http://repositiry.widyatama.ac,id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2606/Samuel%20Halomoan_0207322.pdfsequence=1 diunduh 7 April 2018, pukul 13:57.

 

Khasanah, I., & Pertiwi, O.D. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan konsumen RS St. Elisabeth Semarang, (Online), 12 (2): 117-124, tersedia: http://media.neliti.com/media/publications/36595-ID-analisis-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-konsumen-rs-st-elisabeth.pdf diunduh 3 April 2018 pukul 17:33.

 

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

 

Mamik. 2010. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya: Prins Media.

 

Nova, R.F. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, (Online), tersedia: http://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/13865/Mjg1ODA=/Pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pasien-rawat-inap-pada-rumah-sakit-PKU-Muhammadiah-Surakarta-abstrak.pdf diunduh 3 April 2018 pukul 17:24.

 

Pohan, I.S. 2007. Jaminan Mutu Layanan kesehatan. Jakarta:EGC.

Sangadji, E., & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

 

Sulastiyono, A. 2011. Seri Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi: Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.

 

Santoso, S. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayaan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III pada RS. Roemani Muhammadiyah Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro, (online), tersedia. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://eprints.undip.ac.id/35664/1/Skripsi_Santoso.pdf&ved=2ahUKEwjg36LAgsjcAhWDd94KH0XCLAQIARAB&usg=AOvVaw2PMDfSSxbSSVL4SwFU68uM diunduh 19 April 2018 pukul 13:00

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta.

 

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Kasus pada Pasien Rawat Jalan. (Online), tersedia. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs/article/download/2342/pdf_3&ved=2ahUKEwiHmMDTw8rcAhWVBlgKHZYECMUQFjABegQlAxAB&usg=AOvVaw3ODdzbpC8NyBeeyN1GRfqu diunduh 3 April 2018 pukul 17:24

 

Tjiptono, F. 2001. Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi.

 

Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Andi.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI