ANALISIS VARIASI PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UN PGRI KEDIRI PRODI MANAJEMEN)


Author (Penulis)

INDAH BIBIT WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0030

Abstract

       Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan belanja online pada zaman  sekarang serta persaingan antar aplikasi belanja online yang semakin banyaknya aplikasi belanja online. melalui variabel variasi produk, harga, promosi dan keputusan pembelian yang ada dalam suatu aplikasi belanja online sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

       Tujuan yang dilakukan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh : (1) Untuk menganalisis pengaruh variasi produk terhadap  keputusan pembelian di aplikasi belanja online shopee pada mahasiswa UN PGRI kediri prodi manajemen). (2) Untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di aplikasi belanja online shopee (studi kasus pada mahasiswa UN PGRI kediri prodi manajemen). (3) Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di aplikasi belanja online shopee (studi kasus pada mahasiswa UNP kediri prodi manajemen). (4) Untuk menganalisis pengaruh variasi produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian di aplikasi belanja online shopee(studi kasus pada mahasiswa UNP kediri prodi manajemen).

        Penelitian ini  menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 responden., dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda software SPSS for windows versi 23.

      Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Variasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Belanja Online Shopee(Studi Kasus Pada Mahasiswa Unp Kediri Prodi Manajemen). (2) Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Belanja Online Shopee(Studi Kasus Pada Mahasiswa Unp Kediri Prodi Manajemen). (3) Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Belanja Online Shopee(Studi Kasus Pada Mahasiswa Unp Kediri Prodi Manajemen). (4) Variasi produk, harga dan promosi  Pajak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Belanja Online Shopee(Studi Kasus Pada Mahasiswa Unp Kediri Prodi Manajemen).

 

 

Kata kunci  : Variasi Produk, Harga, Promosi Dan Keputusan Pembelian.

 


Keyword

a

Reference

Alma, B. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta Bandung

 

Ghozal i, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariat e Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

 

Tjiptono, F., Chandra, G., Andriana, D. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

 

Tjiptono, F., Diana, A. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Cv Andi Offset

 

Kotler, philip.2009. Manajemen Pemasaran. jilit 9. Jakarta: PT. Prehallindo

 

Nurahman dan Utama, 2016.pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian smartphone nokia X di BEC bandung. (Online), tersedia:http://ejournal.upi.edu.ac.id diunduh: 12 April 2018

 

Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta

 

Priansa,2016. Analisis pengaruh kepercayaan, kemudahan, keragaman produk terhadap keputusan pembelian pakaian online.(Online), tersedia:http://ejournal.upi.edu.ac.id diunduh: 12 April 2018

 

Priyatno, D. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

 

Sugiyono, 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

 

Ristania, Justianto. 2012.analisis pengaruh harga, promosi, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian pada online shop s-snexian melalui facebook. (Online), tersedia:http://journal.binus.ac.id/1476/ diunduh: 12 April 2018

 

widyawati , N. 2015.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Penjualan Online Shop Busana Muslim.(Online), tersedia : http://repositary.stiesia.ac.id. Diunduh 12 April 2018   

 

Yahya dkk.2015. Pengaruh Kualitas Informasi, Kemudahan Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pengguna Lazada. (Online), tersedia : http://fe.ubara.ac.id /39672/. Diunduh:10 April 2018

 

Tjiptono, F. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Wulandari, S. D. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Pusat Kerajinan Marmer (Kholis Marmer) Tulungagung. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Kediri: Ekonomi UNP Kediri.

 

www.nekatusaha.blogspot.co.id. Diunduh: 10 April 2018

 


PUBLISHED

2018-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI