KEPUASAN KONSUMEN TOKO MAGIC SPEED SHOP DITINJAU DARI KERAGAMAN PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN
Author (Penulis)
ANGGIE FRISCA ALVINIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.02.02.0027
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan pada kepuasan konsumen untuk aspek keragaman produk dan kualitas pelayanan yang disediakan oleh Toko Magic Speed Shop di Kabupaten Kediri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Pengaruh signifikan kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop ditinjau dari keragaman produk. 2) Pengaruh signifikan kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop ditinjau dari kualitas pelayan. 3) Pengaruh signifikan kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop ditinjau dari keragaman produk dan kualitas pelayanan.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan penelitian kausalitas. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang jumlahnya tak terbatas (infinite) dalam membeli produk di Toko Magic Speed Shop Kabupaten Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop berpengaruh signifikan ditinjau dari keragaman produk, diperoleh nilai thitung 3.246 > ttabel 2.042 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (2) Kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop berpengaruh signifikan ditinjau dari kualitas pelayan, diperoleh nilai thitung 3.289 > ttabel 2.042 dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (3) Kepuasan konsumen Toko Magic Speed Shop secara simultan berpengaruh signifikan ditinjau dari keragaman produk dan kualitas pelayanan, diperoleh Fhitung sebesar 9.212 dengan signifikansi 0,001 < 0,05.
Kata kunci: kepuasan konsumen, keragaman produk, dan kualitas pelayanan.
Keyword
a
Reference
Kasali, R. 2013. Manajemen Public Relations. Grafiti, Jakarta.
Kotler, Philip. 2015. Manajemen Pema-saran. Jilid Satu. Jakarta: PT. Indeks.
Nainggolan, dkk. 2016. Pengaruh Produksi, Konsumsi, dan Harga Kedelai Nasional Terhadap Impor Kedelai Di Indonesia Periode 1980 Sampai Dengan 2013. E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata No.4. Vol.5.
Schnaars, Steven P. 2014. Marketing Strategy: A customer Driven Ap-proach. 2nd ed. New York : The Free Press.
Setiyowati, Selfi, dan Sari, Novita. 2017. Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di PB Swalayan Metro. Jurnal manajemen magister, vol 03. No.02, juli 2017.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta).
Utami, Christina Whidya. 2011. Mana-jemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.