ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI CITRA MEREK, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN


Author (Penulis)

KARIMA ARLITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0026

Abstract

ABSTRAK

Bisnis perawatan kecantikan merupakan salah satu bisnis yang selalu ingin terus mendapatkan pelanggan dan menjadikan pelanggan sebagai prioritas perusahaan. Saat ini, bisnis perawatan kecantikan semakin banyak salah satunya adalah dengan semakin mudahnya menemukan tempat kecantikan yang menawarkan jasa perawatan kecantikan. Pesatnya bisnis ini tidak lain karena tren perawatan terutama pada kaum perempuan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Larissa Aesthetic Center Kediri. Teknik pngambilan sampel menggunakan Purposive Sampling (metode pengambilan sampel secara sengaja) dengan jumlah sampel yang berpedoman pada Roscoe dalam Sugiyono (2014:131) sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh signifikan antara citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Dibuktikan dengan hasil statistik uji thitungsebesar 2,048 > 1,684 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,298. (2) Ada pengaruh signifikan antara lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Dibuktikan dengan hasil statistik uji t thitungsebesar 2,075 > 1,684 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,299. (3) Ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil ini dibuktikan dengan hasil statistik uji t diperoleh thitungsebesar 2,299 > 1,684 dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,300. (4) Hasil dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa secara simultan Citra Merek, Lokasi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05 atau 5%. Berarti  H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi Adjusted R2 sebesar 0,499.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, 2012. Analisa Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba. Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadarma. diakses, 3 Desember pukul 08.00

Ardhana, Oldy. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan. Semarang. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. diakses, 3 Desember pukul 08.00

Kiswanto, Anjar Hari. 2011. Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Dampo Awang Beach Rembang. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. diakses, 3 Desember pukul 08.00

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi 13 Jakarta: Erlangga

Larissa Aesthetic Center, tersedia : http://www.larissa.co.id diakses, 3 Desember pukul 08.00

Rahmawati, Indah. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Harga terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Aura Syifa Kediri. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra, 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Utami,Christina Widhya. 2012. Manajemen Ritel . Salemba Empat : Jakarta


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI