Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Merek Aqua


Author (Penulis)

DWI MUTMAINNAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0024

Abstract

Abstrak 
Penelitian ini dilatarbelakangi guna meningkatkan keputusan pembelian melalui beberapa faktor berasal dari diri konsumen maupun dari luar konsumen. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh faktor kebudayaan secara parsial terhadap keputusan pembelian air mineral merek Aqua (2) Pengaruh faktor sosial secara parsial terhadap keputusan pembelian air mineral merek Aqua (3) Pengaruh faktor pribadi secara parsial terhadap keputusan pembelian air mineral merek Aqua(4) Pengaruh faktor kebudayaan, sosial dan pribadi secara simultan terhadap keputusan pembelian air mineral merek Aqua.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi penelitian mahasiswa manajemen angkatan 2014 Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri sebanyak 284 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa dari teori sugiyono 10 kali variabel penelitian dengan menggunakan teknik random sampling. Sumber data yang digunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan analisis regresi linier berganda dan di uji dengan menggunakan uji t dan uji F.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa faktor kebudayaan, faktor sosial dan faktor pribadi berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa prodi manajemen angkatan 2014 Universitas Nusantara PGRI Kediri.

KATA KUNCI  : Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Keputusan Pembelian. 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA 
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kedua Belas. Bandung : Alfabeta. 

Ghozali, Imam. 2016. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ginting, Elizabeth. 2016. Faktor Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Budi Luhur).  (Online), tersedia: http://fe.budiluhur.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/f.-Elizabeth-Ginting.pdf,diunduh: 27 Oktober 2017.

Jayakusumah, Herdi.  2011. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi (Studi Kasus Pada Masayarakat Bekasi). (Online), tersedia:    http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3821/1/HERDI%2520JAYAKUSUMAH-FEB.pdf, diunduh : 15 April 2018.

Paryanti, Ardita Eka. 2017. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Action Camera Gopro (Studi Pada Pengunjung Obyek Wisata Waduk Wonorejo Tulungagung). (Online), tersedia: http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/201/539d856de8da55964f499576eabe17ba.pdf, diunduh: 8 November 2017.

Peter, J. Paul dan Olson, Jerry C. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Rozi, Fakrur. 2015. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Merek Sedaap (Studi Kasus Pasa Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2012). Skripsi. Kediri : Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banfung : Alfabeta. 

Syafirah, Mananeke, Lisbeth dan Rotinsulu, Jopie Jorie. 2017. Pengaruh Faktor-faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Holland Bakery Manado. (Online), tersedia: http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/15551, diunduh: 31 Oktober 2017.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2016. Pemasaran. Jakarta : Andi.

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI