Keputusan Pembelian Ditinjau dari Harga, Iklan, dan E-Service Quality pada Aplikasi Traveloka (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri)


Author (Penulis)

SILFIANA INDATUSSHOLEHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0020

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi dengan cepat. Hal ini juga memberikan dampak terhadap pariwisata terkait dengan kebutuhan wisatawan dalam berwisata. Perkembangan teknologi yang semakin canggih mempermudah para wisatawan untuk merencanakan liburan mereka. Jasa perjalanan online adalah salah satu jasa yang sangat digemari oleh para wisatawan, sebab dirasa mampu memberikan pelayanan dengan waktu yang relatif lebih cepat, praktis, dan dapat diakses dimana saja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, iklan, dan e-service quality terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Traveloka oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Variabel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari harga, iklan, dan e-service quality serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Pada analisis data menggunakan analisis uji regresi linier berganda dengan program aplikasi SPSS Versi 23. Hasil pengujian dengan SPSS yang diperoleh untuk variabel harga dengan nilai signifikansi sebesar 0,038; variabel iklan dengan nilai signifikansi sebesar 0,043; variabel e-service quality dengan nilai signifikansi sebesar 0,041; dan variabel keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Penelitian ini menyimpulkan bahwa secara parsial dan secara simultan harga, iklan, dan e-service quality berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Traveloka oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri.

Kata kunci: harga, iklan, e-service quality, keputusan pembelian


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, P and Amstrong.G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

_____.2011. Marketing an Introduction. Edisi 10. Indonesia: Pearson.

Muhammadazry. 2017. Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Bukalapak.Com Tahun 2016. e-Proceeding of Applied Science : Vol.3; No.1 http://libraryproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/download/3530/3349 diunduh 02 April 2018

Pearson, A., Tadisina, S. & Griffin, C. 2012. The Role of E-Service Quality And Information Quality in Creating Perceived Value: Antecedents To Website Loyalty. Information Systems Managment. 201-215. 2012 Taylor & Francis group LLC ISSN: 1058-0530 print/ 1934-8703 (online) tersedia: www.tandfonline.com , diakses 02 April 2018

Rozi, I.F., & Harti. 2017. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api Online (Konsumen Pembeli Tiket Kereta Api Onlinept. Kai Daop 8 Surabaya Gubeng). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN).ISSN: 2337-6708. Vol.1; No.1 http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/viewFile/18432/16807 diunduh 02 April 2018

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Wijayanti, R.H.H., & Harti .2017. Pengaruh Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Toko Online Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) Volume 01 Nomor 02.ISSN: 2337-6708 http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/index diunduh 02 April 2018


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI