Implikasi Keputusan Pembelian Berdasarkan Harga, Variasi Produk dan Promosi Pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis


Author (Penulis)

AYU RENITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa setiap usaha baik industri maupun UKM dalam menjalankan kegiatan usahanya tentu mempunyai keinginan agar produknya dapat terjual seperti yang diharapkan. Dalam hal ini usaha kecil dan menengah menghadapi persaingan yang semakin ketat, sehingga memerlukan strategi pemasaran yang tepat. Produsen berlomba-lomba untuk sebisa mungkin dapat bersaing dengan para kompetitornya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh harga yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (2) Untuk menganalisis pengaruh variasi produk yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (3) Untuk menganalisis pengaruh promosi yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (4) untuk menganalisis pengaruh harga, variasi produk dan promosi secara bersama–sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan subyek penelitian konsumen UKM Kopi Ayu Putri Wilis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2018. Instrumen penelitian dengan menyebarkan angket kepada konsumen yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis linier berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis (uji t dan F).
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (2) Variasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (3) Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis. (4) Harga, variasi produk dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk pada UKM Kopi Ayu Putri Wilis.


Keyword

a

Reference

Ghozali, Imam. 2013 Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Jonathan, S. dan Martadiredja, T. 2008. Riset Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kotler, Philip; Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Amstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.
Kotler, Philip. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Latan, Hengky. 2013. Analisis Multivariat Teknik dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Lupiyoadi, 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:Salemba Empat.
Prayitno, Duwi. 2010. Paham Analisa Data Statistik dengan SPSS. MediaKom, Yogyakarta.
Singarimbun., Masri., dan Sofian Effendi. 2004. Metode Penelitian dan Survei. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi.
Tohari, Amin. 2015. Bahan Ajar Praktikum SPSS21. Kediri


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI