Abstrak
Bisnis properti merupakan bisnis yang banyak diminati dan menjadi daya tarik bagi para pebisnis bahan bangunan. Bisnis properti, memunginkan para pebisnis bahan bangunan mendapatkan keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) pengaruh variasi produk, lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian secara parsial pada Toko Bangunan Langgeng II, (2) pengaruh variasi produk, lokasi, dan harga terhadap keputusan pembelian secara simultan pada Toko Bangunan Langgeng II. Penelitian menggunakan teknik pendekatan kuantitatif, teknik kausalitas. Populasi penelitian adalah pembeli Toko Bangunan Langgeng II, jumlah sampel diambil dari teori Sugiyono (2013) sebanyak 40 orang. Metode analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uj asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen yaitu variasi produk, lokasi dan harga berpengaruh signifikan terhadap variabel. Pengujian hipotesis uji t menunjukkan (1) variasi produk, lokasi dan harga secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) Uji F diketahui bahwa secara bersama-sama variasi produk, lokasi dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
KATA KUNCI : Variasi Produk, Lokasi, Harga dan Keputusan Pembelian.
DAFTAR PUSTAKA
Suryanto, Adi. 2017. Pengaruh Lokasi, Keragaman produk dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Mardjan Café. Skripsi. Kediri. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Ikhwan, Afiful. 2017. Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Batik Tulis “ESRI BATIK” Desa Besuk, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Skripsi. Kediri. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Anggraeni, Dinda. 2017. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kelengkapan Produk Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pemebelian Pada Dealer MPM Motor Pare. Skripsi. Kediri. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Eviska, Dewi. 2017. Pengaruh Keramahan Karyawan, Keragaman Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Di Rumah Makan Gule Kepala Ikan “Mas Agus” Di Kabupaten Kediri. Skripsi. Kediri.Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=329823
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.
Hartono, Jogiyanto. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.
Kotler, Philip amd Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Carlyan, Radix. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk, Kepercayaan dan Pelayanan tehadap Keputusan Pembelian di Apotek Guyubrukun Tulungagung. Fakultas Ekonomi. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal (online)
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.
http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/440
Supirman. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Eramart Sentosa Samarinda. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman. Jurnal (online). Tersedia http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajmen/article/view/30407/19190&ved=0ahUKEwjk
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Alfabeta.