ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa perkembangan dunia bisnis terutama bisnis coffee shop mengalami peningkatan di kalangan masyarakat karena keberadaan coffee shop saat ini bukan lagi sekedar untuk memenuhi kebutuhan makan atau minum saja, tetapi untuk kebutuhan bersosialisaasi dan perwujudan eksistensi diri maupun kelompoknya, hal ini dikarenakan coffee shop sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang di jaman sekarang. Dalam memenuhi kebutuhan konsumen, bisnis coffee shop haruslah menerapkan strategi pemasaran agar volume penjualan meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran segmenting pada Lugo Cafe Tulungagung agar volume penjualan meningkat? (2) Bagaimana penerapan strategi pemasaran targeting pada Lugo Cafe Tulungagung agar volume penjualan meningkat? (3) Bagaimana penerapan strategi pemasaran positioning pada Lugo Cafe Tulungagung agar volume penjualan meningkat?Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan (1) Strategi pemasaran segmenting yang diterapkan di Lugo cafe Tulungagung mampu meningkatkan volume penjualan. (2) Strategi pemasaran targeting yang diterapkan di Lugo cafe Tulungagung mampu meningkatkan volume penjualan. (3) Strategi pemasaran positioning yang diterapkan di Lugo cafe Tulungagung mampu meningkatkan volume penjualan.
DAFTAR PUSTAKA
Arminsyurita. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Jamur Rimba Jaya Mushroom. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 6 (2) : 157
Tjiptono,F dan Chandra, G. (2012).Pemasaran Strategik. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Wiraguna, Aditya. 2016. Penerapan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Di PT. Kelapa Gading Denpasar. Jurnal Manajemen & Bisnis,13 (3) : 133.
Yuniarti, Y, Sarah Mauliana. 2012. Strategi Pemasaran Produk Digital Printing Pada CV. FNB Digital Jambi. Jurnal Manajemen & Bisnis, 1 (1) : 33.