PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HERBAL PREVATENSI PADA CV HERBA MEDICA ACADEMY (HMA) BADAS PARE


Author (Penulis)

MAR'ATUS SHOLIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0006

Abstract

ABSTRAK

 

Mar’atus Sholihah : Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Pada CV Herba Medica Academy (HMA) Badas Pare Kediri, Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah persepsi kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas ? (2) Apakah persepsi harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelianpada CV HMA Cabang Badas? (3) Apakah persepsi promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas? (4) Apakah persepsi kualitas produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas?.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 40 responden konsumen CV HMA Badas Pare. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode Insidental Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan software SPSS for windows versi 23.

Berdasarkan hasil analisis pada taraf signifikasi 5% menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas. Hal ini dibuktikan dari signifikan variabel Kualitas produk adalah (0,033 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,486; (2) terdapat pengaruh signifikan harga terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas. Hal ini dibuktikan dari signifikan variabel harga adalah (0,046 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,344; (3) terdapat pengaruh signifikan promosi terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas. Hal ini dibuktikan dari signifikan variabel promosi adalah adalah (0,005 < 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,656; (4) terdapat pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada CV HMA Cabang Badas. Hal ini dibuktikan dari signifikan adalah (0,000 < 0,05); nilai tersebut lebih kecil atau kurang dari 0,05.

 

KATA KUNCI  : Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian


Keyword

a

Reference

Akbar, Arief. 2016. Hubungan Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ginger Fresh. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Vol. 1 No. 3, Agustus 2016

 

Assauri, Sofian. 2012.Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali.

 

Arikunto, S (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

 

Augusty Ferdinand. 2011, Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

 

Basu Swastha Dharmmesta dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasaran modern .Yogyakarta: Liberty.

 

Cronin, J. Joseph, Jr and Steven A. Taylor, 2011, Measuring Service Quality: A Reeaxamination and Extention, Journal of marketing Vol. 56, 55-58.

Depkes, 2013. Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 

 

Engel, F.James et.Al 2011. Periaku Konsumen. Edisi Keenam. Penerbit: Binarupa Aksara.

 

Fanani, Zaenal, 2016, Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pemilihan Produk Antangin JRG® Tablet. Jurnal Farmasi. Vol. 1 No. 1 (2016) 18-21. Kudus

 

Fifyanita Ghanimata, Mustafa Kamal, 2012, Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian ( studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurnal Managemen Diponegoro Vol, Nomor2.

 

Garvin, David 2012. Managing Quality, di dalam Nasution, M.N. 2001. Manajemen Alutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia

 

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Guspul, Ahmad. 2018. Pengaruh Strategi Green Marketing pada Bauran Pemasaran dan Citra Merk Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Herbalife (Studi Kasus pada Club “Sehatway” Di Wonosobo. Jurnal PPKM I (2018) 107-122

 

Hawkins, D., Best, R.J., and Coney, K.A. 2011. Consumer Behavior: Implications

for Marketing Strategy, Homewood, Illinois: BPI Irwin.

 

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing. Yogyakarta : Gosyen publishing Sleman.

 

Kazmier Leonard J, Ph.D.,Statistik Untuk Bisnis, Erlangga,Jakarta,2013.

 

Kotler, Philip and Kevin Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey : Pearson Prentice Hall, Inc.

 

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2014.Prinsip-prinsip Pemasaran.Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

 

Laksana, Fajar. 2011. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Lupiyadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

 

Lovelock, Christoper H Lauren K Weigt, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa (terjemahan), PT Indeks (GRAMEDIA GROUP) Jakarta.

 

Manurung, R. M. I. 2013. Pengaruh Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Inna Dharma Deli Medan. Skripsi. Program Sarjana (S1) Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara. Medan.

 

Menyukaindar EY. 2014. Trend an Paradigma Dunia Farmasi, Industri-Klinik-Teknologi Kesehatan, disampaikan dalam orasi ilmiah Dies Natalis ITB, http://itb.ac.id/focus/focus-file/orasi-ilmiah-dies-45.pdf. [diunduh  Januari 2013]

 

Martopo, Sulis, A. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Universitas Negeri Yogyakarta

 

Mowen, J.C., Minor, M. 2012.5thEdition Perilaku Konsumen : diterjemahkan oleh Lina Salim. Erlangga. Jakarta

 

Purba Setiawan, Johanes. 2012. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen TerhadapKeputusan Pembelian Produk Private Label Hypermarket Carrefour DiKota Semarang. Tesis

 

Ristiyanti Prasetijo. 2012. Perilaku Konsumen, Yogyakarta

Salusu, I, 2013. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit, Penerbit : PT. Grasindo, Jakarta

 

Santoso, S. 2011. Staatistik Multivariat Konsep dan Aplikasi dengan SPSS.Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

 

Santoso, Wibowo, K. 2013. Pengaruh Kualitas PRoduk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin Di Semarang. Diponegoro Journal Of Social and Politic 2013, Hal. 1-10

 

Schiffman, leon G & Lesli Lazar Kanuk, 2014. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh, Indeks, Jakarta

 

Sekaran, Uma, 2011 Research Method for Business, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

 

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Sumarwan, Ujang, 2013. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit: Graha Indonesia, Jakarta

 

Suryani, Tatik 2012. Perilaku konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran.Edisi Pertama. Penerbit: Graha Ilmu.

 

Sutisna., 2012. Perilaku Konsumen: Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

 

Swasta Irawan. 2011. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta.FE UGM.

 

Tjiptono Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.ANDI

Winarto, WP. 2013. Tanaman Obat Indonesia untuk Pengobat Herbal.Karya Sari Herba Media. Jakarta.

 

Yamit, Zulian, 2013, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, edisi pertama, cetakan kedua, Ekonisia, Yogyakarta.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI