Pengaruh Penganggaran Partisipatif Melalui Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial


Author (Penulis)

PANDU WIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0380

Abstract

 

ABSTRAK

 

Kinerja manajerial merupakan kemampuan atau prestasi kerja yang telah dicapai oleh para personil atau sekelompok orang dalam suatu organisasi, untuk melaksanakan fungsi, tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjalankan operasional perusahaan. Seseorang yang memegang posisi manajerial diharapkan mampu menghasilkan kinerja manajerial yang berbeda dengan kinerja karyawan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) apakah penganggaran partisipatif secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, (2) apakah penganggaran partisipatif melalui karakteristik sistem akuntansi manajemen dimensi broad scope secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, (3) apakah penganggaran partisipatif melalui karakteristik sistem akuntansi manajemen dimensi timeliness secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, (4) apakah penganggaran partisipatif melalui karakteristik sistem akuntansi manajemen dimensi agregration secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial, (5) apakah penganggaran partisipatif melalui karakteristik sistem akuntansi manajemen dimensi integration secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanation research. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 86 responden dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda (moderasi) dengan software SPSS windows versi 23. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner.

            Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penganggaran Partisipatif memiliki pengaruh terhadap Kinerja Managerial, Broad Scope memperlemah hubungan antara penganggaran partisipatif terhadap kinerja managerial, Timeliness memperlemah hubungan antara penganggaran partisipatif terhadap kinerja managerial, Agregation memperlemah hubungan antara penganggaran partisipatif terhadap kinerja managerial, Integration memperkuat hubungan antara penganggaran partisipatif terhadap kinerja managerial.

 

Kata Kunci: penganggaran partisipatif, karakteristik sistem akuntansi manajemen,  kinerja manajerial.

 

 


Keyword

Penganggaran Partisipatif, Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen, Kinerja Manajerial

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Apriyandi, 2014. Pengaruh dampak positif Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial dengan Gaya Kepemimpinan dan Locus of Control Sebagai Variabel Moderasi.E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

 Etmadi, 2015. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Kepuasan Kerja dan Job Relevant Information Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 15(1), pp: 37-56

Ghozali, 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Semarang : Badan Penertbit Universitas Diponegoro

 

Hansen, 2014. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Pada PT  Cakra Compact Alumunium Industries. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Hermawan, 2014. Pengaruh Karakteristik Tujuan Anggaran pada Sikap Manajer dan Kinerja.

Harefa, 2015.   Ketergantungan pada Informasi Akuntansi, Partisipasi Anggaran, dan Ketidakpastian Tugas: Pengujian Interaksi Tiga Arah, Jurnal Penelitian Akuntansi.

Hanny, 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Manajerial pada Sektor Perbankan di Kota Bandung dan Kota Cimahi. Konferensi Internasional tentang Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.

Ilmawan . 2015. Akuntansi manajemen budaya dan fokus kinerja manajerial. Kemajuan dalam akuntansi, menggabungkan kemajuan dalam akuntansi.

Irma, 2015. Hubungan Karakteristik Informasi yang dihasilkan oleh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan-Perusahaan Manufaktur Di Jawa Timur Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol.5 No.2.

Juniarti, 2014. Pengaruh Interaksi Antara Budget Participation dan Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial. Dikota Manado.

Laksamana, 2015. Pengaruh Desentralisasi dan Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial.Jurnal Riset Akuntansi IndonesiaVol. 1 No.2.

Mardiasmo. 2014. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

 

84

 

 

 

85

 

Munandar, 2014. pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dengan pengetahuan manajemen biaya dan budaya organisasi sebagai pemoderasi diperusahaan sektor furniture dikota jepara.

Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi Manajemen, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Mirna, 2014. Interaksi Antara Budget Participation dan Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial. Di sampaikan pada Simposium National Akuntansi (SNA) XVII.Mataram.24-27 September 2014.

Nafarin, 2015. pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi dan ketidak pastian lingkungan sebagai moderasi di hotel Jakarta dan Yogyakarta. E-jurnal bisnis dan akuntansi STIE Trisakti.

Rudianto, 2013. Dampak Struktur, Lingkungan dan Interdependensi pada Manfaat yang Diperoleh dari Sistem Akuntansi Manajemen

Rivai dan Basri, 2013. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA)X. Makasar, 26—28 Juli 2013

Sardjito, Bambang. 2015. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah: Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Disampaikan pada Simposium Nasional Akuntansi (SNA)X. Makasar, 26—28 Juli 20015.

 

Silmilian. 2013. pengaruh partisipasi penganggaran terhadap kinerja manajerial SKPD dengan kejelasan sasaran anggaran, komitmen tujuan anggaran, keadilan distributive dan pengawasan internal sebagai intervening. E-jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Universitas Jambi.

Saputro, Adi, 2014. Partisipasi dan kinerja dalam tim penganggaran modal. Penelitian perilaku dalam akuntansi.

Siregar, dkk. 2013. Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Akuntansi Manajemen Sistem Kinerja Manajer Tingkat Menengah.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

 

Website Antara News 18 September 2015 tentang Menilai Laporan Anggaran Pemerintah Daerah.


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade