EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PENGELUARAN KAS PADA PT SEKARTAJI FM RADIO


Author (Penulis)

EKA TAMA PAMBUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0377

Abstract

EKA TAMA PAMBUDI: Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi  Pembelian Dan Pengeluaran Kas Pada PT. SEKARTAJI FM RADIO KEDIRI, Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi Pembelian Dan Pengeluaran Kas

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pembelian dan pengeluaran kas kurang memperhatikan. Seperti permasalahan di bagian sistem pembelian, yang ditangani oleh satu bagian saja yaitu bagian administrasi serta dokumen terkait sistem informasi akuntansi pembelian dan pengeluaran kas di perusahaan ini sangat minim.

Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prosedur sistem informasi akuntansi pembelian dan pengeluaran kas pada PT. Sekartaji FM Radio ? (2) Bagaimana efektifitas sistem informasi akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sekartaji FM Radio?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Agar data yang didapat relevan peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Fungsi terkait sistem informasi akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sekartaji FM ditemukan 4 fungsi sistem informasi akuntansi pembelian pada PT. Sekartaji FM Radio yang tidak dijalankan sama sekali oleh perusahaan. Sedangkan dalam hal sistem infomasi pengeluaran kas hanya satu bagian fungsi yang terpenuhi dan ketiga lainnya tidak dilaksanakan oleh perusahaan karena keterbatasan tenaga/ pegawai. (2) Catatan yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sekartaji FM ditemukan 2 hal yang tidak sesuai dengan teori Mulyadi pada sistem informasi akuntansi pembelian, Dan catatan terkait sistem informasi akuntansi pengeluaran kas ditemukan satu catatan yang berbeda yaitu regiter cek. (3) Dokumen yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sekartaji FM ditemukan 7 dokumen terkait sistem informasi akuntansi pembelian dan, 5 dokumen lain tidak ditemukan Sedangkan dokumen terkait sistem informasi akuntansi pengeluaran kas, perusahaan hanya memiliki satu dokumen saja yaitu bukti kas keluar sedangkan 2 dokumen lain tidak ditemukan. (4) Prosedur yang digunakan dalam sistem informasi akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT. Sekartaji FM dimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi pembelian tidak ditemukan 4 prosedur sesuai dengan teori Mulyadi. Sedangkan prosedur sistem informasi akuntansi pengeluaran kas, hanya prosedur pembuatan kas keluar  yang sesuai.

 


Keyword

pembelian, pengeluaran kas, sistem informasi akuntansi

Reference

Diana, A., dan Setiawati, L. 2011. SIstem Informasi Akuntansi, Perancangan, Prosedur dan Penerapan. Yogyakarta: ANdi Offset.

Dilarasika, E. 2015. Sistem Pengeendalian Intern Atas Sistem Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Harapan Abadi Surabaya. Jurnal UMRAH.

Feriyanto, O. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas Dan Pengendalian Intern Pengeluaran Kas Pada UKM di Kota Bandung. Study & Accounting Research: 9(1).

Kahubung, M. 2013. Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Untuk Perencanaan dan Pengendalian Keuangan Pada Organisasi Nirlaba Keagamaan. Jurnal EMBA: 1(3).

Krismiaji. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: YKPN Yogyakarta.

Kurniawan, I. N., dan Khairani, S. 2014. Sistem Informasi Akuntansi Atas Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada PT XYZ. E-jurnal. Diakses pada 12 November 2018.

Mamahit, P. 2014. Evaluasi Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas Rawat Inap Pada RSUP Prof RD Kandou Manado. Jurnal EMBA: 2(4).

Marshal, R. B., dan Steinbart, PJ. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba EMpat

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda karya.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, cetakan Ketiga. Jakarta Salemba
Empat.

Romney, Marshall dan Paul Jhon Steinbart, 2013. Accounting Information System. Jakarta: Salemba Empat

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif,  Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuerah, S. 2013. Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Pengeluaran Kas Pada UD. Roda Mas Manado.  Jurnal EMBA: 1(3).

Yusuf, Muri A. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Penada Media Grup.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade