ANALISIS PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA KSP PRIMKOPABRI


Author (Penulis)

ARYO PRABU WICAK PRAKOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0373

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa masalah salah satunya dalam hal pemilihan calon kreditur. Koperasi ini belum memiliki dokumen terkait rekam jejak debitur bermasalah. Sehingga dalam penyaluran dana kredit pada koperasi ini masih rawan terkena masalah. Survei lokasi yang dilakukan oleh pihak KSP PRIMKOPABRI juga belum berjalan dengan efektif karena kurangnya tenaga survei. Dan masih terjadinya perangkapan kerja antara bagian pencatatan dan dokumentasi proses pemberian kredit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan keefisiensian prosedur pemberian kredit pada KSP PRIMKOPABRI. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prosedur pemberian kredit pada KSP PRIMKOPABRI saat ini?. (2) Apakah pemberian kredit pada KSP PRIMKOPABRI telah berjalan efektif dan efisien?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Agar data yang didapat relevan peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Prosedur pemberian kredit pada Koperasi Simpan Pinjam PRIMKOPPABRI telah sesuai dengan pendapat yang dikemukakan Kasmir walau terdapat beberapa aktivitas yang tidak ada, namun pada pelaksanaannya aktivitas tersebut dilebur atau dilakukan bersama-sama dengan aktivitas lain. (2) Keefektifan dan keefisiensian pemberian kredit pada KSP PRIMKOPABRI masih kurang karena terjadi kerangkapan tugas pada bagian Costumer Service yang merangkap sebagai penaksir nilai jaminan. Seharusnya dalam pelaksanaannya setiap prosedur pemberian kredit dilaksanakan oleh bagian berbeda untuk pengendalian internal yang baik dalam suatu instansi.


Keyword

Kredit, KSP

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kasmir. 2012Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nawangsari, Y., dan Setiaputra, I. 2016. Analisis Sistem Pengendalian Intern Pemberian Kredit Dalam Menurunkan Tingkat Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam Kharisma Mitra Karya. Jurnal Kompilek, 8 (1).

SK Direksi Bank Indonesia No. 27/162/KEP/DIR Tahun 1995

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif,  Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafriansyah, M. 2015. Analisis  Sistem dan Prosedur Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam Sentosa di Samarinda. Ejurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3 (1).


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade