PENGARUH DANA PIHAK KETIGA (DPK), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP PEMBIAYAAN PADA BANK UMUM SYARIAH MANDIRI TAHUN 2015-2017


Author (Penulis)

IMAS ARRY OKTAVIANY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0353

Abstract

Perbankan merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian, salah satunya sebagai lembaga intermediasi yang tugasnya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dalam bentuk kredit. Penelitian ini mencoba mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyaluran pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana hubungan Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Finance (NPF), dan Return On Asset (ROA) terhadap besarnya pembiayaan pada Bank Syariah Mandiri. Dalam penelitian ini variabel dependent adalah Pembiayaan sedangkan variabel independent Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Dan Return On Assets (ROA).

Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan dari situs resmi (www.syariahmandiri.co.id). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel DPK, NPF dan ROA berpengaruh signifikan terhadap Pembiayaan dan CAR berpengaruh tidak signifikan terhadap Pembiayaan. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa variabel variabel DPK, CAR, NPF dan ROA secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA.


Keyword

Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Dan Return On Asset (ROA) Dan Pembiayaan

Reference

Ascarya. 2007. Akad Dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Dendawijaya, Lukman. 2009. Manaje-men Perbankan. Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

 

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Dasar-Dasa rPerbankan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Rajawali Press

 

Maula, Khodijah Hadiyyatul Maula. 2009. Pengaruh Simpanan Dana Pihak Ketiga, Modal Sendiri, Marjin Keuntungan dan NPF terhadap pembiayaan muraba-hah pada Bank Syariah Mandiri. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

 

Muhammad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Risky, Awalildan Nasyith Majidi. 2008. Bank Bersubsidi Yang Membebani-Indonesia Underco-ver Economy. Jakarta: E Publi-shing.

 

Sugiyono. 2012. Metode Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

 

Taswan. 2010. Managemen Perbank-an. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade