Pengaruh Manajamen Laba Terhadap Return Saham Dengan Kualitas Audit Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017)


Author (Penulis)

ELSA TIARA ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0333

Abstract

ABSTRAK

Pada saat perusahaan melakukan IPO, satu-satunya informasi yang digunakan oleh investor untuk memutuskan investasi pada perusahaan adalah prospektus. Kondisi tersebut memungkinkan manajemen melakukan manajemen laba. Manajemen laba yang dilakukan perusahaan akan direaksi negatif oleh investor sehingga return saham akan mengalami penurunan. Auditor berkualitas tinggi sering diasumsikan mampu mencegah dan mendeteksi praktik-praktik akuntansi yang dipertanyakan, hal tersebut dikarenakan auditor berkualitas tinggi memiliki keahlian, sumberdaya dan dapat meningkatkan keinformatifan akrual diskresioner dengan menghalangi pelaporan akrual yang agresif dan oportunistik oleh manajer.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah manajemen laba berpengaruh terhadap return saham dan untuk mengetahui apakah kualitas audit dapat memoderasi hubungan antara manajemen laba dengan return saham. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan non keuangan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017.

Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi moderasi, denga  mempertimbangkan syarat asumsi klasik yaitu : uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (Uji t) dan denga  taraf signifikansi α = 0,05. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Hasil lain menunjukkan bahwa kualitas audit tidak dapat memoderasi hubungan antara manajemen laba dengan return saham


Keyword

Manajemen Laba, Kualitas Audit, Initial Public Offering (IPO), Return Saham

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ayu, N. dan Gede, M. 2017. Pengaruh Kualitas Audit, Kondisi Keuangan Perusahaan, Opini Audit Tahun Sebelumnya, Pertumbuhan Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kecenderungan Penerimaan Opini Audit Going Concern. Skripsi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Dewi, T. dan Vaya, D. 2016. Pengaruh Manajemen Laba terhadap Nilai Perusahaan dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Pemoderasi. e-Proceeding of Management, Vol.3, No.3 Desember.

Istiqomah, A. dan Adhariani, D. 2017. Pengaruh Manajemen Laba terhadap Stock Return dengan kualitas audit dan efektivitas komite audit sebagai variabel moderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 19, No.1 Hal. 1-12.

Jogiyanto, H. 2009. Analisis dan Desain. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Kusumawardhani, N dan Siregar, S. 2008. Fenomena Manajemen Laba dan Underpricing pada Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol.9 Hal. 41-54.

Laporan  Tahunan. (Online) tersedia : www.idx.co.id diunduh 12 Oktober 2018.

Praptitorini dan Januarti. 2008. Analisis Pengaruh Manajemen Laba Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEI yang Diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Berskala Besar dan Kantor Akuntan Publik Berskala Kecil. Tesis. Universitas Diponegoro : Semarang.

Setiawan, L. 2011. Pengaruh Workload dan Spesialisasi Auditor terhadap Kualitas Audit dengan Kualitas Komite Audit sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol. 8 No.1 hal 36-53.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sulistyanto, S. 2008. Manajemen Laba Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade