Pengaruh Belanja Modal dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Pemeliharaan dalam Realisasi Anggaran Pemerintah Kota Kediri (studi pada pemerintah kota kediri Th 2012-2016)


Author (Penulis)

SETYA RAMADANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0297

Abstract

ABSTRAK

SETYA RAMADANI: Pengaruh Belanja Modal dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Pemeliharaan dalam Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah Kota Kediri. (Studi pada Pemerintah Kota Kediri Tahun 2012 – 2016).

Kata kunci : Belanja modal, PAD dan belanja pemeliharaan.

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa implementasi otonomi daerah ditandai dengan desentralisasi fiskal yang menunjukkan adanya pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya sendiri secara otonom. Dengan diberlakukannya otonomi daerah dimaksudkan agar daerah otonomi memiliki hak, wewenang ,dan kewajiban untuk mengatur sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat.

Pengaruh Belanja Modal Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemeliharaan Dalam Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah Kota Kediri. (Studi Pada Pemerintah Kota Kediri Tahun 2012 – 2016). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui berpengaruh tidaknya belanja modal terhadap belanja pemeliharaan di Pemerintah Kota Kediri. (2) Untuk mengetahui berpengaruh tidaknya pendapatan asli daerah terhadap belanja pemeliharaan di Pemerintah Kota Kediri. (3) Untuk mengetahui berpengaruh tidaknya belanja  modal dan pendapatan asli daerah secara simultan  terhadap belanja pemeliharaan di Pemerintah Kota Kediri.

Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, berupa realisasi pemerintah daerah Kota Kediri pada periode 2012-2016. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara simultan (uji F) dan uji statistik secara parsial (uji t) dan dengan taraf signifikansi α = 5%. Penganalisisan data menggunakan bantuan program SPSS for windows versi 23.

Hasil penelitian ini secara parsial ditemukan bahwa belanja modal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap belanja pemeliharaan, PAD  berpengaruh signifikan terhadap belanja pemeliharaan. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan belanja modal dan PAD berpengaruh signifikan terhadap belanja pemeliharaan


Keyword

Belanja modal, PAD, Belanja Pemeliharaan

Reference

Putriasani, Novia Nur. 2013. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Modal dan Implikasinya Pada Belanja Pemeliharaan ( Studi Pada Pemerintah Kota Cirebon ). Universitas Komputer Indonesia.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian.Yogyakarta : PUSTAKABARUPRESSS.

TEMPO.CO. 12 Mei 2016. Tiga Proyek Ini Ancam Serapan Anggaran Pemerintah Kediri, (Online), tersedia: http://nasional.tempo.co, diunduh 27 September 2017.

Wediasa, dkk.2014. Belanja Modal Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemeliharaan Dalam Realisasi Anggaran Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi Program S1.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade