Penerapan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Berdasarkan PSAK Syari\'ah Nomor 105 Pada KSPS BMT UGT Sidogiri Cabang Jombang


Author (Penulis)

WAHYU HARDIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0280

Abstract

Penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam mendambakan suatu lembaga keuangan yang sesuai dengan tuntutan agama untuk memenuhi kebutuhan. Masih terdapat lembaga keuangan syariah yang belum sesuai dengan prinsip syariah dan prinsip Islam. Salah satu produk pembiayaan produktif yang terdapat pada lembaga keuangan syariah adalah mudharabah. Namun pelaksanaan pembiayaan mudharabah belum sesuai dengan PSAK No. 105. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai kesesuaian penerapan pembiayaan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam SYariah BMT UGT Sidogiri Cabang Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data primer diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh dengan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan akuntansi pembiayaan mudharabah berdasarkan PSAK Syariah No. 105 pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Jombang sesuai dengan SOP yang ada di KSPS BMT UGT Sidogiri serta perlakuan pembiayaan mudharabah telah sesuai dengan PSAK No. 105.


Keyword

Akuntansi syariah, mudharabah, PSAK 105

Reference

Muhammad. (2008). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Soemitra, Andi. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana

Sri  Nurhayati  &  Wasilah.  (2011).  Akuntansi  Syariah  di  Indonesia.  Jakarta: Salemba Empat.

Isral  Sani.  (2011).  “Pelaksanaan  Pembiayaan  Berdasarkan  Prinsip  Bagi  Hasil (Mudharabah) pada BMT Agam Madani Nagari Sungai Pua Kabupaten Agam”. Skripsi. Padang: Universitas Andalas.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade