Sistem Akuntansi Penggajian Dalam Mendukung Pengendalian Internal Pada KSP Mitra Rakyat Pare


Author (Penulis)

SENNY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0254

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan bahwa setiap organisasi atau perusahaan harus dikelola dengan baik agar tujuannya tercapai dengan memanfaatkan SDM yang berkualitas dan sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi dengan perusahaan lain.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem akuntansi penggajian pada KSP Mitra Rakyat Pare ? (2)Apakah sistem akuntansi penggajian yang diterapkanpada KSP Mitra Rakyat Pare sudah efektif?

Pada penelitian ini informasi yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif.Adapun langkah menganalisisnya yaitu dengan mengidentifikasi , menganalisis sebab masalah, lalu dibandingkan dengan teori.

Dari hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut : 1) Dalam sistem akuntansi penggajian hampir semua unsur sudah diterapkan pada KSP Mitra Rakyat Pare tapi pada penggajiannya masih belum memadai karena ada beberapa komponen yang tidak sesuai teori sebagai pembandingnya seperti ada perangkapan fungsi sampai jaringan prosedur yang kurang lengkap. 2) Sistem Pengendalian penggajian pada KSP Mitra Rakyat Pare secara keseluruhan sudah hampir memenuhi komponen, hanya saja masih terdapat beberapa komponen yang tidak sesuai dengan teori pengendalian internnya seperti ada beberapa pegawai yang merangkap tugasnya.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan penambahan fungsi pencatat daftar hadir dan fungsi pembuatan daftar gaji yang berkaitan dengan penggajian agar memudahkan proses penggajiannya dan pada dokumensistem penggajian perlu ditambahkan surat pernyataan gaji dan amplop gaji.


Keyword

sistem akuntansi penggajian, pengendalian internal

Reference

Fibriyanti, Y. V.. Analisis Sitem Informasi Akuntansi Penggajian dalam Rangka Efektivitas Pengendalian Internal Perusahaan (studi kasus pada PT. Populer)

 

Kezia Rafika dan Jantje Tinangon, 2016. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian untuk Pengendalian Intern pada PT. BPR Danaku Mapan Lestari Di Kota Bitung

 

Nani Manik, Muhammad Saifi dan Dwi Atmanto, 2015. Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi Pada PT. Tiara Megah Indah Jaya Malang)

 

Krismiaji, 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

 

Mardi.2014. Sistem Informasi Akuntansi.Cetakan kedua Bogor:Ghalia Indonesia

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi.Jakarta: Salemba Empat.

 

Romney, M. B.dan J. S, Paul. 2014. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

 

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke enam belas . Bandung : Alfabeta

 

Sujarweni, W.R.A. 2015. Sistem Informasi Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

 

Tampi, R. F.. &Tinangon. J.J.. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penggajian pada Grand Sentral Supermarket Tomohon. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3(3):63-73.

 

Uda, T. 2014. Analisis Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan Bagian Logistik dan Distribution pada PT. Indotruba Tengah Kota Waringin Barat.

 

Yulia, Y. Peranan Sistem Akuntansi Penggajian dan Pengupahan dalam Mendukung Pengendalian Intern Sesuai PSAK No. 24 (studi kasus PT. Semen Padang). Jurnal EKOBISTEK, 3(2).


PUBLISHED

2019-03-04

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade