PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Perusahaan Manufaktur Yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)


Author (Penulis)

MIFTAKHUL ROIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0252

Abstract

Miftakhul Roifah: Pengaruh Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017), Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri, 2018.

Kata kunci: corporate social responsibility, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit, dan Ukuran Dewan Komisaris.

 

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep akuntansi yang dapat membawa perusahaan agar melaksanakan tanggung jawabnya terhadap lingkungan dan masyarakat. CSR timbul sebagai akibat dari keberadaan perusahaan-perusahaan yang aktivitasnya selain memberi banyak manfaat tetapi menimbulkan banyak dampak negatif. Dampak negatif tersebut dirasakan oleh masyarakat sekitar yang berada dekat dengan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh kepemilikan manajerial, komite audit dan ukuran dewan komisaris terhadap corporste social responsibility.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial, komite audit, dan ukuran dewan komisaris. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah corporate social responsibilitty. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan yang tercatat di (IDX). Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan dalam sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015yang berjumlah 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposiv sampling yang kemudian didapat 9 sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier bergandadengan mrnggunakan program IBM SPSS Satistics versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit dan ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap cororate social responsibility. Sedangkan kepemilikan manajerial menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh terhadap corporate social responsibility. Berdasarkan uji F diketahui bahwa variabel kepemilikan manajerial, komite audit, ukuran dewan komisaris secara simultan mempengaruhi corporate social responsibility.


Keyword

a

Reference

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Indriantoro, N. & Supomo, B. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Wandayani Nurfadilah dan Yusuf Sagara. 2015. Pengaruh good corporate governance, karakteristik perusahaan dan regulasi pemerintah terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Dwi Ariani Untoro dan Zulaikha. 2013. Pengaruh karakteristik good corporate governance terhadap luas pengungkapan corporate social responsibility di Indonesia.

Amalia Ramdhaningsih dan I Made Karya Utama. 2013. Pengaruh indikator good corporate governance dan profitabilitas pada pengungkapan corporate social responsibility.

Heti Herwati, 2015. Corporate governance, karakteristik perusahaan dan pengungkapan corporate social responsibility.

Okky Hendro Subiantoro. 2015. Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

 


PUBLISHED

2018-08-29

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI