Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, dan Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Dividen perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017


Author (Penulis)

NUR LAELIA DWI RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0243

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Investment opportunity Set (IOS) Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017. (2) Untuk mengetahui Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Investment opportunity Set (IOS) secara simultan Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2017.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 42perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS versi 23.

hasil penelitian ini adalah (1) laba bersih dan investment opportunity set (IOS) secara parsial berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sedangkan arus kas operasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). (2) laba bersih, arus kas operasi dan investment opportunity set (IOS) secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).


Keyword

Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Investment Opportunity Set (IOS), Kebijakan Dividen.

Reference

Anugrah, A. D. 2009. Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) terhadap Return Saham Perusahaan Sektor Manufaktur. Jurnal Universitas Gunadarma, 2 (3).

Brigham, E.F., dan Housten, J. F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Buku 2 Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat.

Dhira, N. S. O., Wulandari N., dan Wahyuning, N. I. 2010. Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Listed di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Kajian Akuntansi, 1(1).

Haryetty, dan Ekayanti, A. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Investment Opportunity Set dan Pertumbuhan LQ-45 yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi, 20 (3).

Irawan, D., dan Nurdhiana. 2012. Pengaruh Laba Bersih dan Arus Kas Operasi Terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2010.  Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 20 (03).

Putri, D. A. 2011. Pengaruh Investment Opportunity Set, Kebijakan Utang dn ukuran perusahaan  terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manfaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).Jurnal Manajemen, 2 (2).

Rasyid, R. 2001. “Hubungan Laba Bersih dan Ars Kas Operasi dengan Dividen”. Jurnal Auntansi. Tahun V. Vol 1 Mei 2001. Universitas Tarumanegara.

Stice, E. K., James, D.S., dan Fred S. 2009. Akuntansi Keuangan Menengah, Edisi 16, Buku 2. Edisi Bahasa Indonesia. Terjemahan Oleh Ali Akbar. Jakarta: Salemba Empat.

http://www.idx.co.id


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade