PENGARUH PENERAPAN INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN DAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA DINAS TENAGA KERJA, KOPERASI DAN USAHA MIKRO KABUPATEN NGANJUK PERIODE 2014-2016


Author (Penulis)

RIKI YOHANES
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0229

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengukuran kinerja akan memberikan informasi yang lebih spesifik dan relevan untuk proses pengambilan keputusan, sehingga meningkatkan kinerja manajerial.

Tujuan dari penelitian ini yaitu, apakah penerapan informasi akuntansi manajemen berpengaruh terhadap kinerja manajerial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk?, apakah  penerapan  sistem  pengukuran kinerja berpengaruh terhadap kinerja manajerial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk?, apakah  penerapan  informasi akutansi manajemen da sistem  pengukuran kinerja bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja manajerial di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk?.

Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik kausalitas (sebab akibat). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh atau semua populasi dijadikan sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan aplikasi software SPSS 23.

Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Informasi akuntansi manajemen berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk. (2) Sistem pengukuran kinerja karyawan  berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk. (3) Informasi akuntansi manajemen, dan sistem pengukuran kinerja karyawan, berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Nganjuk.


Keyword

Informasi akutansi manajemen, pengukuran kinerja, dan kinerja manajerial

Reference

Sandy. 2015:12. Kinerja manajerial. Bandung: Pustaka Setia.

Lesmana. 2011. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta :Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung :Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade