PENGARUH PENDAPATAN PEMBIAYAAN MURABAHAH, PENDAPATAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH DAN PENDAPATAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS (RETURN ON EQUITY) (STUDI KASUS PADA BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2013 - 2017)


Author (Penulis)

PIPIT KUSUMA TANTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0214

Abstract

ABSTRAK

Pipit Kusuma Tantri : Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Return On Equity) (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Periode 2013 – 2017), Skripsi, Akuntansi, FE UN PGRI Kediri, 2019

Kata kunci :  Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah       

Terhadap Tingkat Profitabilitas (ROE).

Pada perkembangan ekonomi di Indonesia, terlihat perkembangan ekonomi berbasis syariah yang menarik minat masyarakat untuk menjadi pengguna bank syariah yang menawarkan sistem profit sharing. Dimana dalam hal ini pendapatan atas pembiayaan dari produk yang bank syariah tawarkan sesuai dengan kesepakatan dua pihak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Atas dasar pengujian yang dilakukan maka di pergunakan untuk mengevaluasi penerapan pembiayaan Murabahah, Mudharabah dan Musyarakah guna mengetahui bagaimana pengaruhnya terhadap laba bank syariah. Seberapa besar pendapatan yang di terima bank syariah atas pembiayaan akad – akad yang telah disalurkannya. Semakin besar pendapatan yang di terima Bank syariah menandakan bahwa tingkat pengembalian dana usaha yang disalurkan bank syariah kepada nasabah juga tinggi/ baik. Semakin tinggi pula pendapatan pembiayaan yang diterima oleh bank syariah maka dapat berimbas pula pada tingginya tingkat prifitabilitas bank syariah.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Musyarakah terhadap ROE secara parsial pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia. (2) Untuk menganalisis Pengaruh Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Musyarakah terhadap ROE secara simultan pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Bank Umum Syariah dan menggunakan data sekunder yang telah tersedia. Kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for window versi 23.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pendapatan Pembiayaan Murabahah dan Pendapatan Pembiayaan Musyarakah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap ROE pada Bank Umum Syariah, sedangkan Pendapatan Pembiayaan Mudharabah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE pada Bank Umum Syariah. (2) Pendapatan Pembiayaan Murabahah, Pendapatan Pembiayaan Mudharabah dan Pendapatan Pembiayaan Musyarakah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROE pada Bank Umum Syariah.


Keyword

Pendapatan pembiayaan murabahah, mudharabah dan musyarakah terhadap tingkat profitabilitas (ROE)

Reference

Abdurrahman Al -  Gharyani, Ash – Shadiq, Fatwa – Fatwa Muamalah Kontemporer, Penerbit Pustaka Progresif, Surabaya, 2004

 

Ascarya. (2011). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers

 

Chalifah,Ela.2015.”Pengaruh Pendapatan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap (Roa) Bank Syariah Mandiri Periode 2006 – 2014”.Jurnal Ekonomi Syariah.Volume 3 Nomor 1,Hal 27 – 47.

 

Felani, H, dkk. 2016. Pengaruh Pendapatan Mudharabah, Musyarakah Dan Murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Periode 2013 – 2015. Jurusan Akuntansi ISSN 2460-0784

 

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

 

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam Ibm Spss 19. Semarang : Universitas Diponegoro.

 

Pratama, Ditha Nada, Lia Dwi Martika, Teti Rahmawati.2017.”Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Musyarakah Dan Sewa Ijarah Terhadap Profitabilitas”.Jrka.Volume 3 Nomor 1. Halm :53 – 68.

 

Permata,Rusely Inti Dwi, Fransisca,Yaningwati, Z.A,Zahro.2014.”Analisis Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Dan Musyarakah Terhadap Tingkat Profitabilitas (Return On Equity) (Studi Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bank Indonesia Periode 2009 - 2012)”. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 12 Nomor 1,Hal 1- 9.

 

Sudana, I Made. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan (Teori & Praktik). Jakarta: Erlangga.

 

Rivai, Veithzal dan Rifki Ismail, Islamic Risk Management for Islamic Bank Risiko Bukan untuk Ditakuti, tapi Dihadapi dengan Cerdik, Cerdas dan Prpfesional, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012

 

Slamet, Haryono. (2005). “Struktur Kepemilikan dalam Bingkai Teori
Keagenan”. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. Vol. 5. No. 1. Hal 63-71.
Yogyakarta.

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade