Peranan sistem informasi akuntansi dalam pengendalian persediaan obat pada rumah sakit muhamadyah kediri


Author (Penulis)

ERI ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0213

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi bahwa adanya perangkapan tugas yang terjadi di instalasi farmasi di mana pegawai atau staf gudang untuk obat-obatan dilakukan atau dipegang oleh staf yang sama sehingga kemungkinan kecurangan dan penggelapan obat dapat terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengendalian persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Muhamadyah Kediri. Untuk menganalisis lebih lanjut mengenai sudah sesuai atau tidaknya persediaan obat-obatan pada Rumah Sakit Muhamadyah Kediri dengan unsur sistem informasi akuntansi yang efektif. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara mengumpulkan data dan informasi tentang sistem pengendalian internal persediaan obat berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi dan observasi, mempelajari dan mengkaji data dan informasi tentang sistem pengendalian internal dan persediaan obat kemudian menganalisis dari awal, menarik kesimpulan atas uraian dan penjelasan yang telah dilakukan. Prosedur pengumpulan data melalui studi lapangan (observasi, dokumen dan wawancara) dan studi kepustakaan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal belum efektif dan belum sesuai unsur-unsur yang ditetapkan, karena terdapat satu komponen dan unsur pengendalian internal pada Rumah Sakit Muhamadiyah yaitu pada aktivitas pengendalian, perangkapan tugas pada bagian gudang yang merangkap sebagai penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran obat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang perlu dilakukan rumah sakit adalah memisahkan tanggung jawab yang jelas antara penerimaan dan penyimpanan obat agar lebih fokus dan teliti untuk mengurangi pemasalahan yang ada dan menetapkan pembagian tugas dengan baik.


Keyword

Sistem informasi akuntansi, pengendalian persediaan

Reference

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi. Edisi ke – 3, AMP. Yogyakarta: ANP YKPN.

Kuncoro Mudrajad. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Jakarta : Erlangga.

Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujiati Hanik. 2014. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat (Studi Kasus  pada Apotek Arjowinangun). Jurnal Speed, 11(2): 25-30, tersedia : http://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+analisis+dan+perancangan+sistem+informasi+stok+obat&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3D6cVw2_Ue-kQJ , diunduh 19  Maret 2015.

Mulyadi. 2012. Sistem Akuntansi. Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Safitri May, Rahman Arif dan Usman Achmad. 2014. Analisis Pengendalian Intern atas Pelaksanaan Prosedur Obat-obatan (Studi Kasus Pada Rumah Sakit PHC Surabya). Jurnal Akuntansi UBHARA, 9 (2): 373-384, tersedia : http://scholar.google.cp.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+tentang+analisis+pengendalian+intern+atas+pelaksanaan+prosedur+obat-obatan&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3D9iNNnkBANKwJ, diunduh 5 Juni 2015.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabet.

 


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade