PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017)


Author (Penulis)

PUPUT ANITA NITDATU LAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0206

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah manipulasi laporan keuangan dan korupsi yang dilakukan oleh oknum perusahaan itu sendiri. Penerapan corporate governance yang dipercaya dapat mencegah praktik manipulasi dan korupsi pada perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh corporate governance (komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial) terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan penentuan sampel menggunakan  metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 66 sampel dari 22 perusahaan go public pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan menggunakan software pengolah data statistik SPSS Ver. 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (2) komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (3) kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (4) kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA), (5) komisaris independen, komite audit, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA).   

 

 

KATA KUNCI  : Good Corporate Governance dan kinerja keuangan.


Keyword

Komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial,dan kinerja keuangan.

Reference

Aminatus, S. 2017. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba di Industri Perbankan Indonesia. Skripsi. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbarnas.

Candradewi, I. 2015. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional dan Dewan Komisaris Independen Terhadap Return On Asset. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Bali: Universitas Udayana.

Christine dan Gerianta. 2015. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba oleh CEO Baru. E-Journal Akuntansi, Vol. 10 No. 3 Hal. 778-796.

Dewayanto, T. 2010. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Perbankan Nasional: Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2008. Fokus Ekonomi. Vol. 5 No. 2 Hal. 119.

Laporan Tahunan. (Online), tersedia: www.idx.co.id, di unduh 8 oktober 2018.

Purnamasari, I. 2012. Pengaruh Good Corporate Governance Berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI) terhadap Kinerja Keuangan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Hal 1-11.

Mulyasari, F., Djaelani, dan Salim, M.A. 2016. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Jurnal Riset Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Hal 139-152.

Ristifani. 2009. Analisis Implementasi Prinsip-Prinsip Good Cororporate Governance (GCG) dan Hubungannya terhadap Kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero). Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kualitatif, dan Kuantitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol 6 (1), 121-137.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade