PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN SOLVABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2017


Author (Penulis)

MAILINDA OCTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0205

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi keberhasilan perekonomian di Indonesia tidak dapat terlepas dari sektor perbankan khususnya peran perbankan sebagai sumber pembiayaan industri dalam negeri sebagai perantara keuangan dari pihak-pihak pemilik dana dengan pihak-pihak  membutuhkan dana. Selain itu, bank harus memperhatikan tingkat kesehatan bank agar selalu terpelihara dengan melakukan analisis keuangan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas secara parsial terhadap kineja keuangan perbankan (2) untuk menganalisis pengaruh likuiditas, profitabilitas dan solvabilitas secara simultan terhadap kinerka keuangan perbankan.Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian expost facto dengan pedekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability dengan populasi 38, sampling sebanyak 26 perusahaan dan dalam penelitian selama 3 periode menjadi 78 unit sampel. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dengan sofware SPSS for Windows versi 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Loan to Deposite Ratio, Non Performing Loan, Net Interest Margin, Biaya Operasi Pendapatan Operasional, Debt to Equity Ratio secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset. Adapun Capital Adequacy Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset. Pengujian secara simultan Likuiditas  ( Loan to Deposite Ratio, Non Performing Loan), Profitabilitas (Net Interest Margin, Biaya Operasi Pendapatan Operasional), Solvabilitas  (Capital Adequacy Ratio, Debt to EquityRatio) berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan (Return On Asset).


Keyword

Likuiditas, Profitabilitas, Solvabilitas dan Kinerja Keuangan

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Asmarani, Dewi. 2015. Penggaruh CAR, DER, BOPO Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.4 No.3.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan kedua. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi ke-5. Jakarta: PT. Grafido Persada.

Harun, Usman. 2013. Pengaruh Ratio-Ratio Keuangan CAR, LDR, NIM, BOPO, NPL Terhadap ROA. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol.4. No.1.

Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT.Grafindo Persada.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Samitra, Krishnan. 2014. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Keuangan pada Perbankan yang Terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah Mahasiswa

Sandy, Gyan Exqyu. 2015. Pengaruh Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Indonesia yang Terdaftar di BEI Pada Tahun 2010-2012. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2015.

Solofo, dkk. 2016. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Bank Pada Bank Umum yang Terdaftar di BEI. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2016.

Sugiarso dan Wirarwi. 2006.  Manejemen Keuangan. Yogyajakarta: Media Persindo.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ummi, Hani. 2015. Pengaruh Rasio-Rasio Keuangan Bank. Jurnal ISSN. Vol.1 No.3.

Yudiartini dan Dharmadiaksa. 2016. Rasio Keuangan & Pengaruh Terhadap Kinerja Keuangan. Jurnal ISSN. Vol.14. No.2.

 


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade