ANALISIS ASPEK KEPERILAKUAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG PADA KOPERASI PRIMKOP KARTIKA DADAHA YODHA YONIF MEKANIS 521/DY KEDIRI


Author (Penulis)

TINGKAS KURNIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0191

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri yang menerapkan sistem informasi akuntansi berbasis manual dan terkomputerisasi dalam melakukan pengendalian terhadap persediaan barang dagang, terkadang sering terjadi kesalahan saat melakukan pembelian barang kepada supplier dengan sistem manual. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh sikap karyawan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi karyawan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan. (3) Untuk mengetahui pengaruh persepsi karyawan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan. (4) Untuk mengetahui pengaruh emosi karyawan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian menggunakan expost facto. Penelitian dilaksanakan di Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri dan penelitian dilakukan pada bulan Maret-Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini seluruh karyawan Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri yang jumlahnya 40 karyawan dengan teknik sampel yang digunakan yaitu sampel total. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan data primer. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Sikap karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan Pada Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri. (2) Motivasi karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan Pada Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri. (3) Persepsi karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan Pada Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri. (4) Emosi karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan sistem akuntansi persediaan Pada Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri.

Saran-saran yang dapat diberikan berkaitan dengan hasil analisis dan pembahasan pada penelitian ini adalah: (1) Diharapkan agar perusahaan dapat lebih memperhatikan faktor keperilakuan karyawan yakni sikap, motivasi, persepsi dan emosi dalam penerapan sistem akuntansi persediaan agar nantinya sistem akuntansi persediaan yang diterapkan dapat berjalan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan. (2) Diharapkan peneliti selanjutnya dapat memperluas pemilihan variabel lain menyangkut akuntansi keperilakuan agar diperoleh gambaran mengenai faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi penerapan sistem akuntansi persediaan guna meningkatkan efektivitas sistem yang dijalankan tersebut. (3) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek keperilakuan yang meliputi sikap, motivasi, persepsi dan emosi karyawan berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam penerapan sistem akuntansi persediaan barang pada Koperasi Primkop Kartika Dadaha Yodha Yonif Mekanis 521/DY Kediri.


Keyword

ASPEK KEPERILAKUAN, SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG

Reference

Akay, Poputra, Kalalo, 2016. Aspek Keperilakuan Terhadap Penerapan Sistem Akuntansi Persediaan Pada PT. Surya Wenang Indah Manado. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174.

 

Indriani dan Loulyta. 2008. Pengaruh variabel perilaku karyawan akuntansi terhadap kinerja perusahaan (Studi empiris pada BUMN dan BUMD di Banda Aceh. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi.

 

Purwanti dan Hudiwinarsih. 2012. Persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan dan pengaruhnya pada keberhasilan mengelola perusahaan kecil dan menengah di Surabaya.

 

Suartana. 2010. Jurnal terdahulu.

 

Wulan Mogontha , Grace B Nangoi2, Natalia Gerungai. 2017. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 12(2), 2017, 1055-1062.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade