PENGARUH PEMAHAMAN PERATURAN PERPAJAKAN, TARIF PAJAK, SANKSI ADMINISTRASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK YANG TERDAFTAR DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KEDIRI


Author (Penulis)

SUSIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0182

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan yang besar bagi Negara dan juga sumber dana yang penting bagi pembangunan Nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pemahaman peraturan perpajakan, tarif pajak, sanksi administrasi dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kediri. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Tehnik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar koesioner. Sampel adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kediri.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik random sampling.Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan secara parsial (1) pemahaman peraturan perpajakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (2) tarif pajak secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (3) sanksi administrasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, (4) kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kediri, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peraturan perpajakan bagi wajib pajak, agar dapat meningkatkan patuh perpajakan dalam membayar pajak.Selain itu, dengan adanya penetapan tarif yang adil, sanksi administrasi yang jelas, dan kualitas pelayanan yang diberikan secara baik dapat memberikan pengaruh kepada wajib pajak dalam meningkatkan kepatuhannya sehingga target penerimaan pajak yang diinginkan dapat tercapai. KATA KUNCI :Pemahaman Peraturan Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi Administrasi, Kualitas Pelayanan, Kepatuhan Wajib Pajak

Keyword

a

Reference

V. DAFTAR PUSTAKA Artiningsih.2013. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Badan dan PelayananPerpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan PajakPratama Sleman.Skripsi.Jurusan Akuntansi Fakultas EkonomiUniversitas Negeri Yogyakarta. Vol.7 No.2 Chaerunnisa.2010. Analisis Pengaruh Tingkat Penghasilan dan Sanksi PajakTerhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Menyampaikan SuratPemberitahuan (SPT) Tahunan Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi diWilayah Kembangan Jakarta Barat.Skripsi.JurusanAkuntansi/PerpajakanFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas IslamNegeri SyarifHidayatullah Jakarta. Ghozali, I. 2006. Statistik Nonparametrik. Semarang: Badan PenerbitUndip. _________. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS 19 Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ilhamsyah, R.2016.Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. JurnalPerpajakan (JEJAK) Vol. 8 No. 1 Mardiasmo.2011. Perpajakan, Edisi Revisi.Yogyakarta. Penerbit Andi Muliari, N. dan Setiawan, P. 2011.Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Timur. JurnalAkuntansidanBisnis, Volume 2. Rahayu, S. 2010. Perpajakan indonesia. Konsep dan aspek formal. Yogyakarta:Graha Ilmu Rahmanto, B.2015. Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak, Sanksi Denda, dan Kesadaran Wajib Pajak, terhadap Kepatuhan Wajib PajakOrang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta Pada Tahun2014. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Resmi, S. 2012. Perpajakan : Teori dan Kasus Edisi7. Jakarta : Salemba Empat Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta. Suryadi, I.2016.PengaruhSosialisasi Perpajakan, Sanksi Administrasi Dan Tingkat Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Memenuhi Kewajibannya PPh Pasal 21. Jurnal Perpajakan (JEJAK) Vol. 8 No. 1 Tjiptono, F. dan Chandra, G. 2007. Service, Quality Satisfaction . Yogyakarta: Andi Offset. WaluyodanWirawan. 2010. Perpajakan Indonesia. Jakarta: SalembaEmpat

PUBLISHED

2018-08-27

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI