ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan organisasi dalam menentukan tingkat kualitas yang dinilai dari aspek efektivitas kerja, penentuan harga, serta kualitas pelayanan yang digunakan organisasi sebagai daya saing diantara bisnis perhotelan saat ini. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh : (1) efektivitas kerja, penentuan harga, serta kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan. (2) efektivitas kerja, penentuan harga, serta kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan casual research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kuesioner, observasi, dan wawancara. Responden yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 22 responden terdiri dari usia 21 tahun sampai 40 tahun dan analisis menggunakan uji reabilitas, validitas serta regresi linier berganda dengan software SPSS versi 23 for windows. Penelitian ini menghasilkan temuan data bahwa (1) Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian uji t, diperoleh signifikan sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin baik efektivitas kerja, maka semakin baik pula kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan, bahwa efektivitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. (2) Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian uji t, diperoleh signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin baik penentuan harga, maka semakin baik pula kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan, bahwa penentuan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. (3) Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian uji t, diperoleh signifikan sebesar 0,015 lebih kecil dari 0,05. Artinya semakin baik kualitas pelayanan, maka semakin baik pula kinerja karyawan. Hal ini menunjukkan, bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan. (4) Berdasarkan hasil uji ANOVA atau uji F didapatkan F hitung sebesar 19,939 dengan nilai sig. = 0,000 < 0,05. Berdasarkan penjelasan tabel diatas diketahui bahwa variabel efektivitas kerja (X1), penentuan harga (X2) dan kualitas pelayanan (X3) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja karyawan (Y). Artinya semakin baik efektivitas kerja, penentuan harga dan kualitas pelayanan maka semakin baik pula kinerja karyawan.
DAFTAR PUSTAKA
Djahir, Y dan Pratita, D. 2015. Bahan
AjarSistemInformasi Manajemen. Budi Utama, Yogyakarta.
Hasen dan Mowen. 2013. Akuntansi
Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Pamungkas, Ahmad. 2008. Pengaruh
Penggunaan Informasi Akuntansi
Manajemen Terhadap Kinerja
Manajerial Pada Hotel Bintang
Tiga,Empat dan Lima di Kota
Jakarta Pusat. Tesis Universitas
Sumatra Utara Medan.
Riduwan. 2011. Dasar-dasar statistika.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung : Alfabeta..
. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja-
Edisi Kelima. Penerbit : Rajawali Press