PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR LOGAM DAN SEJENISNYA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2017


Author (Penulis)

FARRAH DHIBA ANARAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0116

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah persaingan antar perusahaan makin tinggi sehingga perusahaan harus melakukan pengelolaan secara professional agar memperoleh kepercayaan investor untuk menanamkan modal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mekanisme corporate governance (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, independensi komite audit, independensi dewan komisaris) terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan perusahaan sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2013-2017 sebagai populasi berjumlah 15 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang kemudian mendapatkan 11 perusahaan. Teknik analisis analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 23. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan PBV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji parsial dengan tingkat signifikan t > 0,05 variabel kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan variabel independensi dewan komisaris dan independensi komite audit secara parsial berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan uji F tingkat signifikansi t > 0,05 diketahui kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, independensi komite audit dan independensi dewan komisaris secara simultanberpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

 

 

KATA KUNCI  : Good Corporate Governance, Nilai Perusahaan.

 


Keyword

Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Independensi Komite Audit, Independensi Dewan Komisaris, Nilai Perusahaan.

Reference

Effendi. 2016. The Power of Good Corporate Governance. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Hery. 2010. Potret Profesi Audit Internal. Bandung: Alfabeta.

Imanta, D. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepemilikan manajerial.  Jurnal  Bisnis dan Akuntansi, Vol.13, No.1, April 2011, 67-80.

Laporan Tahunan. (Online), tersedia : www.idx.co.id di unduh 8 oktober 2018.

Mukhtarudin, Relasari, dan Felmania, M. 2014. Good Corporate Governance Mechanism Corporate Social Responsibility Disclosure On Firm Value: Empirical Study On Listen Company In Indonesia Stock Exchange.Internal Journal of Finance and Accounting Studies, Vol 2, No. 1, Juli 2014.

Sarafina, S. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan. Skripsi. Universitas Brawijaya.

Senda, F. D. 2011. Pengaruh Kepemlikian Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden, Profitabilitas, Leverage Financial, dan  Invesment Oppurtunity Set terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen  Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade