Penetapan biaya total melalui metode cost plus pricing untuk menentukan harga jual produk pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading


Author (Penulis)

DEFAL DWIWANTARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0103

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi strategi Perusahaan Rokok Cengkir Gading dalam mempertahankan usahanya, dimana perlu adanya penentuan harga jual yang sesuai dengan kualitas produk yang dihasilkan, serta sesuai dengan harga produk lain yang sejenis yang diproduksi oleh perusahaan lain. Harga jual yang berkaitan dengan kualitas produk, apabila harga jual yang ditetapkan perusahaan itu tinggi, maka produk yang dihasilkan harus lebih baik, karena kualitas yang baik juga akan mempengaruhi peningkatan omzet penjualan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik penelitian expost fakto yaitu suatu penelitian yang bermaksud untuk mengumpulkan data atau sebab terjadinya suatu gejala atau masalah yang berhadapan dengan data atau fakta yang telah terjadi selama penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, yaitu menggunakan data-data dalam bentuk angka-angka, dan data tertulis berupa data dokumentasi, dimana data yang diperoleh akan dianalisa dan disajikan sehingga bisa memberikan keterangan terhadap masalah yang diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penetapan biaya total melalui metode cost-plus pricing untuk menentukan harga jual produk pada Perusahaan Rokok Cengkir Gading diperoleh harga jual per pack sebesar Rp7.600 pada tahun 2016 dan Rp8.100 pada tahun 2017. (2) Penetapan biaya total yang ditetapkan sendiri Perusahaan Rokok Cengkir Gading diperoleh harga jual per pack sebesar Rp 6.700 pada tahun 2016, Rp 7.200 pada tahun 2017. Terjadi selisih harga jual sebesar Rp 900 yang dapat mempengaruhi keuntungan yang didapat oleh perusahaan. Dimana harga jual yang berlaku saat ini lebih rendah daripada harga jual berdasarkan metode cost plus pricing. Dari temuan di atas, maka rekomendasi yang disampaikan yaitu hendaknya penetapan harga jual mempertimbangkan biaya produksi dan juga biaya-biaya,serta dalam penetapan prosentase laba yang diinginkan hendaknya memperhatikan biaya-biaya yang ada dan memilih metode yang tepat dalam penentuan harga jual agar laba yang diinginkan dapat tercapai..
KATA KUNCI : biaya total, Metode Cost-Plus Pricing, Harga Jual Produk.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Pendekatan Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Desliane, Wauran. 2014. Analisis Penentuan Harga Pokok Produk Dan Penerapan Cost Plus Pricing Method Dalam Rangka Penetapan Harga Jual Pada Rumah Makan Soto Rusuk Ko’ Petrus Cabang Megamas. Jurnal EMBA, 4 (2).
Dwi, Ratna Nurpitasari (2017). Pendekatan Cost-Plus Pricing dalam Penentuan Harga Jual Roti Pada UD Ganysha Kediri. Jurnal Simki-Economic, 01 (02).
Gayatri, Winny. 2013. BAB II. pdf, (Online), tersedia: http://ejournal.unsrat.ac.id, diunduh 02 november 2017.

Indrianto, Nur dan Supomo, Bambang. 2009. Metedologi Penelitian Bisnis
untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Jessica Claudia Moray. 2014. Penetapan Harga Jual Dengan Cost Plus Pricing Menggunakan Pendekatan Full Costing Pada UD Gladys Bakery. Jurnal EMBA, 2(2).
Mulyadi. 2001. Akuntansi Manajemen dan Konsep Manfaat dan Rekayasa. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian (cetakan ke-17). Bandung: Alfabeta.
Umar, Husain. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI