PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT PENILAIAN KINERJA PUSAT BIAYA PT. GUDANG GARAM TBK


Author (Penulis)

PANJI BAGUS DEWANATA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0059

Abstract

ABSTRAK

 

     PT. Gudang Garam adalah sebuah perusahaan yang memproduksi rokok asal Indonesia yang merupakan salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia.Pada penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang dijadikan sebagai alat penilaian kinerja pusat biaya.

     Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang berfokus pada akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat penilaian kinerja pusat biaya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber yang dilakukan dengan cara mengecek data yang diperoleh oleh beberapa sumber.

     Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Penyusunan anggaran biaya pada PT. Gudang Garam Tbk disusun berdasarkan program kerja masing-masing pusat pertanggungjawaban dan disusun oleh manajer keuangan dan administarasi bersama bagian anggaran. Ini berarti dalam penyusunan anggaran , perusahaan tidak melibatkan seluruh manajer dalam perusahaan, sehingga belum sesuai dengan penerapan konsep akuntansi pertanggungjawaban yang semestinya. (2) Manajemen perusahaan tidak melakukan evaluasi terhadap anggaran secara periodik. Evaluasi hanya dilaksanakan pada setiap akhir periode dan itu pun hanya sebatas menentukan selisih antara angaran dengan realisasi. (3) Dalam penerapan reward and punishment system pada PT. Gudang Garam Tbk telah menjalankan dalam bentuk sitem bonus (insentif) untuk para manajeryang berprestasi.

 

KATA KUNCI  : Anggaran, Laporan Pertanggungjawaban, Penilaian Kinerja


Keyword

Anggaran, Laporan Pertanggungjawaban, Penilaian Kinerja

Reference

Dharmanegara, I. B. A., 2010. Penganggaran Perusahaan Teori dan Aplikasi. 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Langgeng, Y. S. & Retnani, E. D., 2014. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Analisis Penilaian Kinerja Pusat BIaya.

 

Mawarni, Z. & Retnani, E. D., 2016. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban pada PT. Starfood Internasional.

 

Pasaribu, M. T., 2014. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Penilaian Kinerja Pusat Biaya pada PT. A. J. Central Asia Raya Cabang Manado Tahun 2010.

 

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 26th ed. Bandung: Alfabeta.

 

Tumbuan, R. R., 2013. Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Penilaian Kinerja Pusat Biaya.

 


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade