ANALISIS DAMPAK PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KAB/KOTA DI JAWA TIMUR)


Author (Penulis)

FERDIAN ANDI WIJAYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0054

Abstract

ABSTRAK

 

 

Ferdian Andi Wijaya: Analisis Dampak Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (STUDI KAB/KOTA DI JAWA TIMUR), Skripsi, Akutansi, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata Kunci: Pengeluaran Fungsi Kesehatan, Pendidikan, dan Infrastruktur.

 

Pengeluaran pemerintah merupakan bagian dari kebijakan fiskal, yaitu suatu tindakan pemerintah untuk mengatur jalannya perekonomian dengan cara menentukan besarnya penerimaan dan pengeluaran pemerintah setiap tahunnya, yang tercermin dalam dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk nasional dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk daerah atau regional.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengeluaran pemerintah fungsi kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi secara parsial maupunn simultan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan asosiatif. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 31  menggunakan teknik pengambilan sampel puposive sampling dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23

Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Pengeluaran Pemerintah Fungsi Kesehatan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (2) Pengeluaran Pemerintah Fungsi Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.  (3) Pengeluaran Pemerintah Fungsi Infrastruktur tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. (4) Pengeluaran Pemerintah Fungsi Kesehatan, Pendidikan, dan Infrastruktur tidak berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap pertumbuhan ekonomi.

 

 


Keyword

Kesehatan, Pendidikan, Infrastruktur

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Jawa Timur 2018

Bancin, M.S. 2009. Pengaruh Pengeluaran Pembangunan Pemerintah Dan Investasi Swasta Terhadap PDRB Provinsi Sumatera Utara Periode 1978-2007. Tesis. Universitas Indonesia.

Bastias, Desi Dwi. 2010. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Atas Pendidikan, Kesehatan Dan Infrastruktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Periode 1969-2009. Skripsi. Universitas Diponegoro.

Bryman, (Ed) 2005. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Mulltivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.

Hutama, Ri Setia. 2015. Analisis Pengaruh Pengeluaran Sektor Publik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Di Indonesia. Tesis. Universitas Gajah Mada.

Kasiram,H.Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Malang Press.

Mankiw, N. Gregory. 2013. Makroekonomi. Jakarta: Erlangga.

Output SPSS versi 23

Rahayu, Sri Endang. 2011. Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Vol 11 No 2 Oktober 2011. UMSU.

Safari, Menik Fitriani. 2016. Analisis Pengaruh Ekspor, Pembentukan Modal Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi.. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Dengan Program SPSS. Bandung: Alfabeta.

Sukirno, Sadono. 2006. Makroekonomi Modern, Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

V.Wiratna Sujarweni, 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade