ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD


Author (Penulis)

KANDI WINDI ASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0035

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa penilaian kinerja perusahaan perlu dilakukan karena untuk mengetahui bagaimana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dan mengelola serta mengalokasikan sumberdaya manusia yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PG. Pesantren Baru Kediri secara empiris dengan menggunakan metode balanced scorecard sebagai pengukuran kinerja agar dapat menjadi acuan atau pengukuran untuk menjadi lebih baik lagi. Penelitian ini menggunakan metode  balanced scorecard yang merupakan pengukuran kinerja dilihat dari perspektif keuangan yang berupa rasio likuiditas, rasio  leverage, dan rasio profitabilitas, serta perspektif non keuangan perusahaan yang meliputi perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan serta pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat perspektif balanced scorecard yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 72 sampel yang terdiri dari 30 pelanggan, dan 42 karyawan PG. Pesantren Baru Kediri. Data yang didapatkan akan diolah dengan menggunakan software SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian ini adalah bahwa secara keseluruhan perspektif keuangan dan perspektif non keuangan mempunyai pengaruh terhadap penilaian kinerja pada PG. Pesantren Baru Kediri. Hal ini diperkuat dengan hasil positif pada rasio keuangan selama tahun 2015-2017 dan hasil yang positif pula pada tingkat kepuasan terhadap kinerja PG. Pesantren Baru Kediri. Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya PG. Pesantren Baru Kediri  menerapkan metode balanced scorecard agar lebih mempermudah perusahaan untuk menilai kinerjanya berdasarkan perspektif keuangan dan perspektif non keuangan.

Kata Kunci: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja


Keyword

a

Reference

Christina dan Sudana. 2013. “Penilaian Kinerja Pada PT. Adhi Karya dengan Pendekatan Balanced Scorecard”. Jurnal Akuntansi 5 (3): 516-529.

Hardiyanto, Yudi dkk. 2005. “Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Pemasaran dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus PT. Semen Gresik”. Jurnal Akuntansi 1 (1): 1-7.

Hery. 2017. Balanced Scorecard for Business. Jakarta: PT Grasindo.

Kaplan R.S. dan Norton D.P. 2000.Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, Freddy. 2017. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016.  Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susiati, dkk. 2014. “Analisis Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard Untuk Pencapaian Tujuan Strategis Perusahan Pada PG. Kremboong Sidoarjo”. Jurnal Akuntansi 1 (1): 156-165.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI