ANALISIS PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) dan SISTEM PENGHARGAAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL


Author (Penulis)

NIA MUZDALIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.01.0012

Abstract

ABSTRAK

 

Latar belakang dari penelitian ini TQM yang merupakan sistem yang memperkuat kualitas sebagai usaha pada kepuasan pelanggan yang melibatkan seluruh anggota perusahaan. Penerapan TQM ini juga tidak lepas dari penilaian kinerja karyawan.Oleh karena itu perusahaan membutuhkan sistem penghargaan untuk memotivasi perilaku karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis TQM dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah secara parsial Total Quality Management (TQM) berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial? (2) Apakah secara parsial sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial? (3) Apakah secara bersama-sama (simultan) Total Quality Management (TQM) dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan korelasi.Sampel yang digunakan sebanyak 42 orang responden dari populasi sebanyak 582 karyawan.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan kuesioner. Data  yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan sofware SPS For windowa versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel TQM dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Secara simultan baik variabel TQM dan sistem penghargaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial pada Pabrik Gula Pesantren Baru Kediri.

 

 

KATA KUNCI  : Kinerja Manajerial, Total Quality Management, Sistem Penghargaan


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatau Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Azmi, Z. 2015. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris pada Perusahaan Asuransi di Pekanbaru). Jom FEKOM. 2 (2) : 1-15

Kumentas, C.N. 2013. Pengaruh Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja dan Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial PT Pos Indonesia. Jurnal EMBA, 1 (3) : 796-805.

Nasution, M.N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sastrahardiwiryo, B.S. 2010. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrative dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Setyani Marsalita, M.M dan Rochman E. 2015. Pengaruh Sistem Pengukuran Kinerja, Sistem Penghargaan dan Penerapatan Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara XII PERSERO Wilayah II – Jember). Artikel Ilmiah Mahasiswa. 1-18.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI