UPAYA MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI ANGSA PADA ANAK KELOMPOK A TK KUSUMA MULIA VIII PAREREJO GEDANGSEWU KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Author (Penulis)
ENY SULISTYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0545P
Abstract
Abstrak
Eny Sulistyowati: Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Angsa Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia VIII Parerejo Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan motorik kasar anak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belum dapat sepenuhnya terwujud sesuai dengan yang diharapkan pada aspek pengembangan motorik kasar.
Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah Melalui Kegiatan Tari Angsa dapat Mengembangkan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia VIII Parerejo Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016?”. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah “Melalui penerapan kegiatan tari angsa dapat mengembangkan motorik kasar pada anak kelompok A TK Kusuma Mulia VIII Parerejo Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A yang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.
Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan kegiatan tari angsa dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak didik. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dengan penerapan sebelum dan sesudah kegiatan tari angsa terbukti dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak didik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 35 % dikategorikan kurang, siklus II mencapai 60 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 90 % yang dikategorikan baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan tari angsa dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A Kelompok A TK Kusuma Mulia VIII Parerejo Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.
Kata kunci: Motorik Kasar, Tari Angsa.