MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN KUBUS BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JATINOM KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

EKTA RIYANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.11.0544p

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI KEGIATAN BERMAIN KUBUS BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL JATINOM KECAMATAN KANIGORO KABUPATEN BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016 Ekta Riyana NPM: 14.1.01.11.0544P Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan Dan IlMu Pendidikan UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Abstrak EKA RIYANA : Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Kubus Bergambar Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2015/2016, Skirpsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pangalaman peneliti, bahwa berhitung Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar masih kurang dalam kegiatan pembelajaran anak masih cenderung pasif dan hanya menjadi penonton, pada akhirnya hasil belajarpun tidak tercapai secara optimal. Permasalahan ini adalah Apakah penggunaan permainan kubus bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Atfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Tahun ajaran 2015-2016, yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen RPPM, RPPH, Lembar Penilaian Anak dan Lembar Observasi Guru. Kesimpulan hasil penelitian ini direkomendasikan tujuan penggunaan metode bermain adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media kubus bergambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, diketahui bahwa ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 15%, pada siklus II mengalami peningkatan mencapai 38%, sedangkan pada siklus III mengalami peningkatan mencapai 84%. Kata kunci : Kemampuan berhitung, bermain kubus bergambar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-09-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI