PENERAPAN METODE BERAMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK PGRI BANJARANYAR KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ASRIANI MAIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.11.0543P
Abstract
ABSTRAK
Asriani Maida : Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B TK PGRI Desa Banjaranyar Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. PTK Skripsi. PG PAUD. FKIP UN PGRI Kediri.
Kegiatan pembelajaran bidang pengembangan berbicara merupakan salah satu pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak. Salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran kemampuan berbicara anak adalah menggunakan strategi dan metode yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, diantaranya bermain.
Bermain merupakan dunia anak, maka pembelajaran kemampuan berbicara anak dikembangkan dan diimplementasikan di TK, diantaranya menggunakan media bermain. Penelitian ini menggunakan metode bermain peran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B TK PGRI Banjaranya Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.
Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dengan menggunakan instrumen yaitu instrumen observasi anak dan guru serta tabel penelitian akan,
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah : 1) penerapan metode bermain peran terbukti dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. 2) metode bermain peran menjadikan anak senang, aktif dalam kegiatan pembelajaran. 3) metode bermain peran ini pelaksanaannya lebih aktif dan efisien karena sesuai dengan prinsip pendidikan di TK yaitu “Belajar sambil bermain” dan “Bermain sambil belajar”.
Kata Kunci : Metode Bermain peran. Perkembangan Bahasa Anak.